Nasional

Mahfud MD: Berani Apa Enggak Kembalikan Muruah MK?

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Calon delegasi presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD percaya Mahkamah Konstitusi (MK) dapat mengatasi demokrasi Indonesia ke arah yang digunakan lebih lanjut baik di putusannya di sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang dimaksud perdana diadakan hari ini. Mahfud mengatakan, MK pernah berjaya dan juga dihargai orang dikarenakan mendirikan demokrasi yang dimaksud hampir tenggelam.

Oleh dikarenakan itu, MK diharapkan bisa jadi menyelesaikan kecurangan-kecurangan di dalam pada pemilihan umum ini. “Sehingga menjadi tempat ujian (bagi MK), bukanlah hanya saja dari dunia ilmu pengetahuan tetapi juga dari praktisi-praktisi hukum lalu pengadilan dari berbagai negara,” kata Mahfud usai persidangan PHPU di tempat Gedung MK, Rabu (27/3/2024).

Dengan begitu, Mahfud mempertanyakan, apakah MK berani untuk mengambil tindakan kritis pada menangani sengketa pilpres ini supaya sanggup menjaga demokrasi dan juga konstitusi agar kembali pada muruahnya.

“Sekarang ini berani apa enggak, mau apa tiada memulihkan muruah MK dengan menjaga demokrasi kemudian konstitusi? Karena sungguh bahaya masa depan bangsa ini kalau kemudian timbul persepsi bahwa yang mana bisa jadi mengungguli pemilihan umum itu bahwa orang yang punya kekuasaan yang mana berkolaborasi dengan orang yang dimaksud punya uang,” tutur Mahfud.

“Mundur, peradaban kita, kalau MK bukan mau meraih kembali kejayaannya, itu aja kalau saya materinya tadi telah jelas,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button