Bisnis

4 Bandara Bakal Miliki Autogate pada 2024, Susul Soetta juga Ngurah Rai

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Sejumlah bandara internasional di tempat Indonesia segera miliki alat autogate menyusul Soekarno-Hatta International Airport pada Tangerang, Banten, serta I Gusti Ngurah Rai International Airport pada Badung, Bali.

Keempat bandara yang dimaksud adalah Yogyakarta International Airport dalam Kulon Progo, DIY; Kuala Namu International Airport di dalam Deli Serdang, Sumatera Utara; Hang Nadim International Airport dalam Batam, Kepulauan Riau; dan juga Juanda International Airport di tempat Sidoarjo, Jawa Timur.

Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkum-HAM Silmy Karim mengungkapkan, pemasangan alat autogate di tempat berbagai bandara internasional yang dimaksud ditargetkan rampung akhir tahun ini. “Akan beroperasi secara bertahap pada 2024. Setelah itu akan menyusul dalam Makassar (Sultan Hasanuddin International Airport),” katanya pada pertemuan dengan pimpinan media di tempat Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Mantan direktur utama PT Krakatau Steel dan juga PT Pindad itu menyebutkan, pembaharuan ini diadakan terkait rencana digitalisasi lalu memperkuat pariwisata nasional. Lalu lintas penumpang internasional pada berbagai bandara yang dimaksud pun cukup tinggi.

Diketahui, autogate adalah mesin pemindai yang digunakan dapat mencocokkan data paspor dengan data e-VoA, e-Visa atau bebas visa pelintas internasional. Autogate mengintegrasikan teknologi face recognition dengan border control management (BCM) untuk pengawasan keimigrasian. Dengan adanya pintu autogate yang digunakan mempersingkat waktu verifikasi, penumpukan antrean di area titik pemeriksaan keimigrasian dapat dikurangi.

Tahun ini juga, lanjut Silmy, Ditjen Imigrasi akan menambah autogate di dalam Bandara Ngurah Rai dari 30 unit menjadi 80 unit pada terminal kedatangan kemudian terminal keberangkatan. Pada 1 s.d. 26 Maret 2024, total pelintas yang menggunakan autogate di dalam terminal kedatangan Bandara Ngurah Rai lebih banyak dari 121 ribu orang.

Sementara itu, jumlah total pelintas yang tersebut menggunakan autogate di area Bandara Internasional Soekarno-Hatta sepanjang 1 s.d. 26 Maret 2024 hampir 380 ribu orang. Saat ini terdapat 78 unit autogate di tempat Terminal 3 juga 10 unit autogate dalam Terminal 2 Soetta baik di dalam terminal kedatangan maupun keberangkatan.

Related Articles

Back to top button