Nasional

Baznas, BPKH, juga TNI AL Gelar Pesantren Kilat untuk Pelajar pada Kapal Perang

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sama-sama Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) juga TNI AL kembali menyelenggarakan Pesantren Kilat Ramadan 1445 H untuk pelajar. Acara bertajuk Ekspedisi Ramadhan Penuh Inspirasi (Ekspresi) ini diselenggarakan dalam berhadapan dengan kapal peperangan milik TNI AL yakni, KRl Semarang-594.

Upacara pengaktifan Ekspresi Baznas 1445 H dilaksanakan di tempat Dermaga Kolinlami Jakarta, dengan inspektur upacara Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali. Hadir pada upacara yang disebutkan Ketua Baznas RI KH. Noor Achmad lalu Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Baznas Baznas Noor Achmad, mengatakan, kegiatan Ekspresi 2024 akan dihelat selama tiga hari mulai 28-30 Maret 2024, dengan dihadiri oleh 500 kontestan yang dimaksud merupakan siswa kemudian siswi SMA atau sederajat.


“Alhamdulillah antusias calon kontestan Kegiatan Ekspresi Ramadan 1445 H sangat tinggi. Sehingga kegiatan tahun ini disertai 481 kontestan yang mana terdiri dari 297 partisipan laki-laki lalu 184 partisipan perempuan dari 102 sekolah pada Jabodetabek,” ujar Kiai Noor, Kamis (28/3/2024).

Kiai Noor mengatakan, kegiatan Ekspresi Ramadan 1445 H bertujuan memberi pengalaman terhadap anak-anak Milenial untuk meninjau lebih tinggi dekat proses pengelolaan juga pendistribusian dana zakat segera terhadap penduduk yang mana membutuhkan.

“Kegiatan Ekspresi Ramadan 1445 H merupakan upaya edukasi sekaligus transparansi Baznas tentang dana zakat yang tersebut dikelola. Di dalamnya ada berbagai jenis kegiatan yang digunakan menggambarkan tentang pentingnya berbagi terhadap sesama,” jelasnya.

Kiai Noor meyakinkan kader-kader yang mana mengikuti pesantren kilat pada kegiatan Ekspresi Ramadan 1445 H di dalam kapal konflik milik TNI AL ini merupakan kader-kader NKRI yang tersebut juga memahami isi Al-Qur’an.

“Karenanya, kami berharap kerja sebanding antara Baznas, BPKH, kemudian TNI AL dapat memberikan faedah yang digunakan nyata di area bulan suci Ramadan melalui kegiatan pesantren kilat dalam menghadapi kapal perang,” harapnya.

Sementara itu, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, inisiatif Ekspresi Baznas ini merupakan acara terobosan yang diinisiasi Baznas sama-sama TNI AL di tempat bulan suci Ramadan.

Related Articles

Back to top button