Otomotif

Volvo Resmi Hentikan Semua Produksi Mobil Bermesin Diesel

Suarasekadau.co.id – PARIS – Seperti yang digunakan diberitahukan tahun lalu, Volvo kini resmi bukan memproduksi model mobil baru bermesin diesel.


Berakhirnya masa pakai diesel Volvo menyebabkan SUV XC90 biru terakhir dengan mesin dirakit pada pabriknya dalam Torslanda, Swedia, mengakhiri era 45 tahun.

Untuk memperingati XC90 terakhir bermesin diesel, unit khusus terakhir akan dipamerkan di dalam museum World of Volvo, Gothenburg.

Seperti dilansir dari Autoro, Kamis (28/1/2024), sejarah mesin diesel di tempat jajaran model Volvo dimulai dengan model 244 GL D6, namun tidaklah didukung oleh mesin produksi Volvo.

Sebaliknya, ia didukung oleh unit mesin enam silinder NA yang mana dipinjam dari Volkswagen kemudian Audi.

Baru pada tahun 2001 Volvo memperkenalkan mesin dieselnya sendiri, mesin lima silinder yang mana dirakit pada pabriknya pada Skövde.

Rencana untuk mengakhiri pengembangan mesin diesel oleh Volvo sudah disampaikan sejak tahun 2017 lalu kini, warisan mesin diesel telah terjadi benar-benar hilang dari jajaran model Volvo.

Seiring dengan perkembangan zaman, langkah selanjutnya yang digunakan sanggup diharapkan adalah penghentian total produksi kendaraan bermesin pembakaran internal (ICE).

Volvo merupakan salah satu produsen mobil yang dimaksud beralih fokus ke elektrifikasi, dengan perdagangan kendaraan listrik meningkat sebesar 70 persen pada tahun 2023, dan juga pangsa bursa listrik global meningkat sebesar 34 persen.

Seperti berbagai perusahaan lain, Volvo berharap untuk menjadi perusahaan kendaraan listrik sepenuhnya, serta mencapai target nol emisi pada tahun 2040.

Related Articles

Back to top button