Nasional

KPK Sebut Nasdem Kembalikan Uang Rp40 Juta Pemberian SYL

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) mengungkapkan bahwa Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni sudah memulihkan uang Rp40 jt pemberian mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). Uang yang diduga hasil dari pencucian uang itu dikirim ke komisi antirasuah, Rabu (27/3/2024) kemarin.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri menyebutkan, uang itu dikembalikan ke KPK melalui tabungan penampungan.

“Pengembalian uang yang tersebut Rp40 jt ya, Mas Sahroni tadi saya dapat informasi, kemarin tanggal 27 ya, sekitar jam 1, yang dimaksud bersangkutan mengirimkan memang benar yang mana Rp40 jt lalu kami telah cek, ada dalam akun penampungan,” kata Ali untuk wartawan pada Gedung Merah Putih KPK, Kamis (28/3/2024).

Ali menjawab pertanyaan awak media perihal akankah kembali memanggil Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu atau tidak.

“Ya nanti dikonfirmasi ulang pada yang bersangkutan ketika memang benar dibutuhkan, apakah memang sebenarnya itu dibutuhkan untuk dikonfirmasi ulang, akibat itu sehenarnya telah masuk di dalam pembuktian surat dakwaan kan, kalau jaksa telah buktikan di area persidangan saya kira cukup,” ujarnya.

Sebelumnya, Ahmad Sahroni menyatakan partainya menerima uang Syahrul Yasin Limpo (SYL) mencapai Rp860 juta. Dari total itu, pihaknya sudah pernah mengatasi Rp820 jt ke account penampung KPK.

“Sudah (dikembalikan), Rp820 juta,” kata Sahroni seusai pemeriksaan sebagai saksi di persoalan hukum dugaan langkah pidana pencucian uang (TPPU) SYL.

Sahroni tiada menjelaskan secara detail asal-usul uang banyak jt tersebut. Kemudian, Rp40 jt sisanya merupakan pemberian SYL ke Partai NasDem yang mana terungkap dalam surat dakwaan. Sahroni mengaku, baru hari ini mendapat saran dari KPK untuk diserahkan.

“Ada Rp40 jt yang digunakan perlu dikonfirmasi kemudian penyidik sudah ada menyarankan untuk pengembalian hari ini untuk segera ditransfer ke virtual account,” ujarnya.

Sahroni melanjutkan, uang yang dimaksud SYL berikan sebagai donasi bencana alam. “Rp820 jt dari SYL identik Rp40 jt untuk bantuan bencana banjir ya,” ucapnya.

Related Articles

Back to top button