Kesehatan

Hal ini Bahaya Lewatkan Sahur ketika Akan Berpuasa

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Sebelum berpuasa dalam bulan Ramadan, umat muslim dianjurkan untuk bersantap sahur terlebih dahulu. Selain menjadi sunnah Rasulullah SAW, makan sahur sebelum berpuasa mampu menambah energi juga membantu tubuh tetap saja kuat ketika menahan lapar lalu haus lebih banyak dari 12 jam.

Meskipun melewatkan sahur tak berdosa, namun sebaiknya Anda tidaklah melakukannya. Sebab, melewatkan sahur sebelum berpuasa bisa jadi mendatangkan bahaya bagi tubuh.

Lantas, apa hanya bahayanya bila melewatkan santap sahur sebelum berpuasa?

Melansir Health X Change, Selasa (26/3/2024), melewatkan sahur akan menunda masa puasa. Hal ini lantaran tubuh Anda harus bergantung pada makanan sebelumnya untuk memberi semua nutrisi juga energi hingga berbuka puasa. Karena puasa selama belasan jam, Anda cenderung merasa dehidrasi serta lelah di tempat siang hari bila tak makan dan juga minum yang tersebut cukup pada waktu sahur.

Ketika berpuasa, sahur akan menjadi salah satu makanan utama lalu menggantikan sarapan Anda.

Melansir Daily Sabah, Sıla Bilgili Tokgoz orang ahli nutrisi mengatakan, tak sahur sebelum berpuasa sanggup berpengaruh pada kondisi imunitas tubuh.

“Pastikan Anda bangun untuk sahur. Melewatkan sahur juga dapat menekan sistem kekebalan tubuh,” ungkap Tokgoz.

Selain mempengaruhi imunitas tubuh, melewatkan sahur juga dapat berdampak pada gula darah. Tantangan pencernaan pun bisa saja menjadi ancaman bila tak makan sahur sebelum berpuasa.

“Jika bukan (sahur), Anda kemungkinan besar merasa lemah lalu lelah atau menderita gula darah rendah kemudian sembelit pada siang hari,” kata Tokgoz.

Related Articles

Back to top button