Kesehatan

7 Makanan Pencegah DBD, dari Pepaya hingga Bayam

Suarasekadau.co.id – JAKARTA — Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di dalam Indonesia terus meningkat. Tercatat per 1 Maret 2024 terdapat sekira 16.000 persoalan hukum DBD di dalam 213 Kabupaten/Kota di tempat Indonesia dengan 124 kematian.

Mengutip situs Kementerian Bidang Kesehatan Republik Indonesia, tindakan hukum DBD diperkirakan akan terus berlanjut hingga April 2024, seiring dengan musim hujan dan juga El nino.

DBD memang sebenarnya dapat disembuhkan, namun alangkah baiknya melakukan pencegahan. Salah satu cara dengan menjaga asupan makanan sehari-hari. Dikutip Times of India, berikut makanan yang mana sanggup menjaga dari DBD.

Makanan Pencegah DBD

1. Pepaya
Ekstrak pepaya kaya akan enzim seperti papain serta chymopapain yang membantu pencernaan, mengurangi kembung, serta gangguan pencernaan lainnya. Mengonsumsi 30 ml jus daun pepaya dapat membantu meningkatkan jumlah keseluruhan trombosit. Oleh sebab itu, pepaya juga daun pepaya ini cocok untuk pencegahan juga perawatan demam berdarah.

2. Delima
Delima kaya akan nutrisi juga mineral penting yang digunakan menyediakan energi yang digunakan dibutuhkan tubuh. Sehingga mengonsumsi buah delima dapat menurunkan rasa lelah juga letih. Selain itu, buah delima kaya akan zat besi yang mana bermanfaat untuk menjaga jumlah agregat trombosit darah.

3. Bawang putih
Bawang putih adalah salah satu makanan anti-virus terbaik yang tersebut mampu Anda temukan ketika ini. Bawang putih juga merupakan makanan penambah kekebalan yang dimaksud membantu mengatasi gejala seperti peradangan, demam, lalu sakit tenggorokan. Sifat antimikroba kemudian antijamur jua membasmi kuman lalu racun jahat sehingga mempercepat pemulihan.

4. Yogurt
Yogurt tak cuma baik untuk pencernaan tetapi juga menjaga sistem kekebalan tubuh Anda agar berfungsi dengan baik. Yogurt bekerja sebagai probiotik yang digunakan merangsang produksi bakteri usus penting, menghilangkan racun, dan juga memberi lebih besar berbagai faedah kesehatan.

5. Brokoli
Brokoli adalah sumber Vitamin K yang sangat baik membantu meregenerasi trombosit darah. Sayuran hijau ini juga kaya akan pencegah oksidasi juga mineral. Dengan begitu, brokoli cocok untuk dikonsumsi sebagai pencegahan kemudian penyembuhan dbd.

6. Bayam
Selain brokoli, mengonsumsi bayam juga merupakan cara yang mana efektif untuk meningkatkan jumlah total trombosit. Bayam merupakan makanan yang digunakan kaya akan zat besi lalu lemak omega-3 yang sangat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Buah Kiwi
Buah kiwi mengandung vitamin A, vitamin E, kemudian potasium pada jumlah total yang baik untuk menyeimbangkan elektrolit tubuh lalu membatasi hipertensi juga tekanan darah tinggi. Tembaga pada buah kiwi bermanfaat untuk membantu pembentukan sel darah merah yang dimaksud sehat serta merancang kekebalan terhadap penyakit.

Related Articles

Back to top button