Teknologi

Bocorkan Rahasia Vision Pro, Apple Gugat Mantan Karyawan

Suarasekadau.co.id – MENLO PARK Apple menggugat mantan karyawannya yang digunakan bekerja sebagai insinyur iOS lantaran diduga membocorkan informasi rahasia tentang perangkat komputasi spasial Vision Pro. Gugatan yang dimaksud telah dilakukan diajukan ke pengadilan negara bagian California, Amerika Serikat.

Raksasa teknologi yang mana dipimpin oleh Tim Cook itu menyampaikan karyawannya telah terjadi membocorkan sejumlah informasi termasuk detail yang dimaksud tidak ada diketahui tentang perangkat lunak Jurnal Apple, pengembangan headset VisionOS, kemudian banyak lagi, untuk jurnalis dan juga karyawan perusahaan lain.

Dalam gugatannya, Apple mengungkapkan karyawannya yang mana bernama Andrew Aude itu juga membocorkan strategi kepatuhan terhadap peraturan, jumlah agregat karyawan, dan juga karakteristik perangkat keras barang lainnya yang digunakan dapat mematikan produk-produk juga layanan di dalam dalamnya.

Seperti dilansir dari The Verge, Hari Jumat (29/3/2024), Apple merujuk banyak komunikasi di gugatan tersebut. Antara bulan Juni serta September 2023 saja, Apple mengatakan Aude terhubung dengan jurnalis Wall Street Journal (WSJ), yang mana diberi kode oleh Pak Aude sebagai “Homeboy,” lebih besar dari 1.400 kali menggunakan perangkat lunak perpesanan terenkripsi.

Aude juga disebut membacakan “Homeboy” daftar ciri terakhir untuk hasil Apple yang tidak ada diinformasikan melalui telepon dan juga Aude mengirim lebih lanjut dari 10.000 instruksi teks untuk jurnalis lain pada The Information lalu melakukan perjalanan melintasi benua untuk bertemu dengannya.

Tangkapan layar dari pertukaran instruksi terenkripsi di tempat perangkat lunak Signal antara Aude dan juga jurnalis WSJ juga muncul di pengaduan. Seperti yang dikatakan Apple, Aude banyak mengambil dan juga menyimpan tangkapan layar komunikasinya dalam iPhone dengan alasan untuk menyimpannya untuk anak cucu.

Apple juga menuduh Aude membocorkan daftar layanan final untuk perangkat lunak Jurnal Apple melalui panggilan telepon yang mana terjadi pada April 2023 terhadap reporter yang dimaksud sama. Sebuah cerita tentang fasilitas program yang dimaksud belum dirilis muncul pada bulan yang dimaksud identik di tempat The Wall Street Journal.

Diketahui, Aude sendiri bergabung dengan Apple pada tahun 2016 sebagai insinyur iOS yang mana berfokus pada optimalisasi kinerja baterai. Pengacara Apple mengungkap bahwa posisinya memberi Aude akses ke informasi mengenai lusinan komoditas Apple yang mana paling sensitif.

Related Articles

Back to top button