Bisnis

Layani 193,6 Juta Pemudik di area Lebaran 2024, Begini Persiapan Kemenhub

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ) dengan para operator transportasi telah dilakukan menyiapkan sebagian sarana kemudian prasarana transportasi pada menghadapi Angkutan Lebaran 2024 .

Sejumlah sarana juga prasarana yang disebutkan dalam bentuk 30.780 unit bus dan juga 113 terminal, 213 unit kapal, 8 lintas, 16 pelabuhan kemudian 50 dermaga, 420 unit pesawat, 51 bandar udara domestik kemudian 16 bandar udara internasional, 26 kapal penumpang, 107 kapal perintis, 1.208 kapal swasta juga 264 pelabuhan, juga 615 KA antar kota/hari lalu 192 stasiun.

“Sarana kemudian prasarana yang dimaksud disiapkan untuk melayani 71,7% atau 193,6 jt penduduk Indonesia yang tersebut berkeinginan untuk mudik. Hal yang disebutkan sesuai survei yang tersebut dilaksanakan Badan Kebijakan Transportasi,” ujar Dirjen Perhubungan Laut, Antoni Arif Priadi yang mewakili Menteri Perhubungan pada Diskusi Publik Kesiapan Jelang Mudik Lebaran 2024 , di dalam Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Dirjen Antoni mengungkapkan kuatnya sinergi antar kementerian/lembaga, tersedianya infrastruktur yang tersebut terbangun, dan juga kesiapan sarana kemudian prasarana, menghasilkan penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2024 memberi keceriaan untuk publik seperti halnya slogan “Mudik Ceria Penuh Makna”.

“Tahun ini pemerintah melalui tema ”Mudik Ceria Penuh Makna” berupaya memberikan keceriaan melalui penyelenggaraan arus mudik yang tersebut aman, lancar, serta selamat sehingga memberi makna mendalam bagi seluruh masyarakat,” ujar Dirjen Antoni.

Dalam angkutan lebaran kali ini Kemenhub sudah melakukan langkah-langkah persiapan antara lain berkoordinasi dengan kementerian/lembaga serta stakeholder terkait di menyusun rencana penyiapan sarana prasarana, pengujian kelaikoperasian sarana, penyusunan kebijakan teknis kemudian operasional, melakukan sosialisasi kebijakan, dan juga melakukan monitoring kemudian pembentukan posko bersama.

Dirjen Antoni berharap, upaya yang digunakan sudah pernah dipersiapkan didukung oleh rakyat dengan mudik lebih lanjut awal menggunakan transportasi umum sehingga kepadatan pada puncak arus mudik dapat terurai.

“Untuk menghindari kepadatan puncak arus mudik pada 5-8 April 2024, saya mengimbau publik untuk melakukan perjalanan mudik tambahan awal sebelum waktu tersebut. Gunakan angkutan umum atau manfaatkan inisiatif mudik gratis yang mana disediakan Kementerian Perhubungan atau instansi lain. Hindari menggunakan sepeda gowes motor lantaran sangat berbahaya,” pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan yang disebutkan Direktur Lalu Lintas Jalan Perhubungan Darat Ahmad Yani, Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Raden Slamet Santoso, Direktur Utama Airnav Polanan B. Pramesti, Direktur Armada lalu Teknik PT. Pelni Robert MP. Sinaga, Direktur Pengelola PT. Pelindo Putut Sri Muljanto, Direktur Operasi PT. Jasa Marga Fitri Wiyanti, juga Direktur Layanan kemudian Niaga PT. Garuda Indonesia Ade R. Susardi.

Related Articles

Back to top button