Kesehatan

8 Hal yang digunakan Terjalin pada Tubuh Jika Tidak Sahur, Bahaya bagi Bidang Kesehatan

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Ada beberapa hal yang digunakan terjadi pada tubuh apabila tiada sahur selama puasa Ramadan. Melewati sahur atau tak makan kemudian minum sebelum berpuasa dapat menyebabkan berbagai dampak negatif pada tubuh.

Certified health coach, dr. Dion Haryadi, PN1, CHC, AIFO-K mengungkapkan bahwa sebagian orang kerap melewatkan sahur ketika puasa lantaran berbagai alasan. Padahal, sahur penting untuk tubuh lantaran membantu menutrisi selama menjalani puasa sepanjang hari.

“Saya lihat sejumlah teman-teman yang tersebut suka skip sahur ya ternyata. Padahal sahur itu penting banget, teristimewa buat kamu yang mau puasanya lancar. Sahur itu bisa saja bantu kamu jaga rasa lapar kemudian bantu menutrisi keinginan nutrisimu selama berpuasa,” kata dr. Dion disitir dari akun Instagram pribadinya, @dionharyadi, Selasa (12/3/2024).

Hal yang dimaksud Terwujud pada Tubuh Jika Tidak Sahur

Berikut beberapa hal yang digunakan terjadi pada tubuh apabila tiada selama puasa Ramadan.

8 Hal yang tersebut Terjalin pada Tubuh Jika Tidak Sahur, Bahaya bagi Kesehatan

Foto/Infografis SINDOnews

1. Penurunan Kadar Gula Darah

Salah satu efek paling umum dari tidaklah sahur adalah penurunan kadar gula darah. Ketika Anda tidur, tubuh terus-menerus menggunakan glukosa sebagai sumber energi. Melewatkan makanan juga minuman pada waktu sahur dapat menyebabkan penurunan tajam di kadar gula darah. Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti pusing, lemas, gemetar, serta bahkan pingsan.

2. Dehidrasi

Melewatkan sahur juga berarti Anda melewatkan kesempatan untuk minum cairan pasca waktu tidur yang digunakan panjang. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi, khususnya di dalam daerah-daerah dengan iklim panas atau bagi mereka yang berpuasa di area musim panas.

3. Penurunan Energi dan juga Produktivitas

Sahur memberi tubuh Anda sumber energi yang diperlukan untuk memulai hari berpuasa. Tanpa sahur, Anda merasa lelah, lemah, kemudian kurang produktif selama hari itu.

Related Articles

Back to top button