Bisnis

Menteri Basuki Sebut Presiden Terpilih Selanjutnya Bisa Dilantik di tempat IKN

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, Presiden terpilih berikutnya sudah ada sanggup melaksanakan pelantikan di tempat Ibu Perkotaan Nusantara (IKN) . Hal ini menimbang kesiapan infrastruktur dasar yang mana ketika ini sedang dibangun oleh Kementerian PUPR di rangka persiapan pemindahan pusat Ibukota mulai bulan Agustus mendatang.

” Pelantikan Presiden (baru) rencana di area sana (IKN),” ujar Menteri Basuki ketika ditemui dalam Kompleks DPR, Selasa (2/4/2024).

Sedangkan untuk rangkaian kegiatan peringatan serius 17 Agustus sendiri, dikatakan Menteri Basuki, pidato kenegaraan 16 Agustus masih dilangsungkan dalam Jakarta. Sedangkan untuk upacara 17 Agustus akan diadakan pada IKN.

“Kalau 17 Agustus di area sana, kemungkinan besar pidato kenegaran masih tetap saja pada sini,” sambungnya.

Sebab dijelaskan Menteri Basuki, hingga pada waktu ini memang benar Gedung DPR masih belum masuk di tahap pembangunan di tempat IKN. Bahkan belum masuk pada daftar proyek yang tersebut dibangun hingga kurun waktu 2024.

“Saya baru dapat data dari Mensesneg dari 31 organisasi yang dimaksud menurut UU kedudukan berada dalam Ibu kota, baru 3 yang digunakan telah grodunbreaking. Itu BI, BPJS, serta OJK, yang tersebut lain belum ada. Seperti DPR, MPR, DPD, itu belum ada (dalam daftar pembangunan),” kata Menteri Basuki.

Namun demikian menurutnya, pengerjaan gedung DPR kemungkinan telah dapat masuk pada kajian Feasibility Studi sebelum masuk di tahap lelang hingga proses proyek konstruksi pada tahun 2025 mendatang.

Related Articles

Back to top button