Nasional

Kapolri Imbau Warga Atur Waktu Hindari Puncak Arus Mudik di dalam Pelabuhan Merak

Suarasekadau.co.id – BANTEN – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengimbau terhadap warga mampu mengatur waktu perjalanan agar dapat menghindari puncak arus mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak Banten.

Imbauan yang dimaksud disampaikan Sigit ketika melakukan peninjauan segera ke Pelabuhan Merak Banten terkait kesiapan pengamanan pelaksanaan mudik pada hari ini, Mulai Pekan (1/4/2024).

“Bisa manfaatkan waktu kemudian atur waktu untuk hindari puncak-puncak arus mudik. Yang biasanya mungkin saja melaksanakan kegiatan di malam hari hari, ini sanggup bergeser ke siang hari,” ujar Sigit.

Imbauan tersebut, kata Sigit, perlu disampaikan lantaran adanya lonjakan pemudik pada tahun ini dibandingkan momen sebelumnya. Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), setidaknya ada peningkatan 65 persen publik yang dimaksud mudik dibandingkan tahun 2023.

“Karena itu tentunya kami semua mengimbau agar mudik berjalan aman kemudian lancar, agar apabila tiada ada kegiatan bisa saja mudik lebih besar awal kemudian cepat,” tutur Sigit.

Lebih dalam, Sigit juga menekankan terhadap warga bisa jadi melaporkan terhadap pos pengamanan atau pelayanan terdekat terkait dengan jalur-jalur mudik yang digunakan pada kategori rawan kejahatan maupun kecelakaan.

“Untuk pengamanan yang dimaksud disampaikan Pak Menko Polhukam terkait dengan kekhawatiran, apabila warga merasa di tempat di perjalanannya khawatir di dalam wilayah tertentu rawan kejahatan silakan melapor ke pos terdekat,” jelas Sigit.

Menurut Sigit, personel kepolisian akan siap melakukan pengawalan untuk seluruh publik ketika melakukan perjalanan mudik dalam wilayah kategori rawan. Hal itu untuk memberikan rasa aman lalu nyaman terhadap seluruh warga pada waktu melakukan perjalanan mudik.

“Kita akan siapkan pengawalan termasuk di dalam jalur yang mana berbagai kecelakaan lantas di tempat jalur lintas Sumatera. Karena kita juga mempersiapkan selain tol, tentunya ada jalur arteri. Semuanya pada waktu ini tentunya sedang dijalankan perbaikan termasuk penerangan jalan yang tadi disampaikan serta potensial banyak terjadi kecelakaan.”

“Ini juga kita minta ditambahkan rambu-rambu kemudian informasi lalu sosialisasi. Sehingga penduduk betul-betul merasakan perjalanan mudik lancar, aman, serta selamat sampai tujuan masing-masing,” tutup Sigit.

Related Articles

Back to top button