Kesehatan

Kasus DBD Meningkat, Ini adalah 5 Asupan untuk Pasien Demam Berdarah

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) semakin meningkat. Di Indonesia sendiri, DBD mencapai 35.556 perkara hingga minggu ke-11 tahun 2024.

Sementara itu, Kementerian Kesejahteraan (Kemenkes) belum lama ini mengungkapkan pemicu persoalan hukum DBD yang dimaksud meningkat di tempat Tanah Air. Salah satunya ialah curah hujan lalu bencana banjir yang dimaksud menyebabkan nyamuk mudah mengalami perkembangan biak.

Para pasien DBD pun perlu ditangani dengan tepat agar tak mengalami komplikasi. Salah satu yang tersebut perlu diperhatikan ialah asupan dari makanan bergizi.


Melansir laman Tua Saude, Rabu (27/3/2024), perawatan demam berdarah harus melibatkan konsumsi makanan seperti daging merah tanpa lemak, daging putih, juga sayuran berdaun hijau. Makanan ini cenderung mempunyai komposisi protein kemudian zat besi yang mana tinggi sehingga membantu menjaga dari anemia juga menguatkan sistem kekebalan tubuh, yang digunakan keduanya merupakan faktor cepatnya pemulihan.

Untuk itu, ada beberapa jenis asupan yang mana patut dikonsumsi para pasien DBD untuk mempercepat pemulihan. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Air Kelapa

Pertama ada air kelapa. Pasien DBD dianjurkan meminum air kelapa untuk mempercepat proses pemulihan mereka. Air kelapa kaya akan garam juga mineral. Dengan mengonsumsi air kelapa, Anda tidak ada akan mengalami dehidrasi lantaran menjaga keseimbangan elektrolit tubuh masih stabil. Ini adalah juga menurunkan kelemahan juga menciptakan tubuh Anda masih terstimulasi.

2. Buah Delima

Pasien DBD dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan yang mana kaya isi air lalu vitamin. Salah satunya yang mana direkomendasikan ialah buah delima.

Buah delima kaya akan vitamin, mineral, lalu nutrisi lain yang digunakan membantu mengempiskan kelelahan lalu kelelahan. Delima membantu penderita demam berdarah pada menjaga jumlah total trombosit darah yang mana diperlukan serta pulih dari demam berdarah tambahan cepat.

3. Yoghurt

Kemudian yoghurt. Makanan satu ini merupakan sumber protein yang tersebut baik kemudian bisa saja merangsang sistem imunitas tubuh.

Selain baik untuk pencernaan, yoghurt juga dianjurkan dikonsumsi oleh pasien DBD. Bakteri baik pada yoghurt membantu memerangi penyakit bakteri jahat hingga virus.

4. Teh Herbal

Teh herbal juga dikenal memiliki segudang khasiat untuk kesehatan. Teh ini dapat dikonsumsi oleh para pasien DBD sebagai asupan pemulihan.

Komponen penting di teh herbal seperti kapulaga, kayu manis, jahe, lalu papermint dapat membantu pasien demam berdarah di merilekskan tubuh kemudian pikiran. Minuman ini juga menimbulkan tidur lebih lanjut nyenyak kemudian membantu pemulihan lebih lanjut cepat.

5. Jeruk

Satu lagi asupan yang mana baik untuk pasien DBD ialah jeruk. Buah yang digunakan kaya vitamin ini baik dikonsumsi oleh pasien DBD.

Jeruk kaya pencegah oksidasi dan juga Vitamin C. Buah ini pun membantu di mengobati serta menghilangkan virus demam berdarah.

Related Articles

Back to top button