Nasional

Mahasiswanya Jadi Korban TPPO Berkedok Magang di tempat Jerman, UNJ Ambil Langkah Hukum

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Universitas Negeri Ibukota (UNJ) akan mengambil langkah hukum terhadap Sihol Situngkir (SS), PT. Sinar Harapan Bangsa (SHB) kemudian CV-Gen. Hal itu buntut adanya siswa UNJ yang mana menjadi korban penipuan Inisiatif Magang Internasional di area Jerman yang mana terindikasi di Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) .

“UNJ telah memberikan pernyataan resminya yang mana diunggah di laman resmi UNJ juga media sosial terkait hal yang digunakan sedang menimpa UNJ kemudian khususnya peserta didik UNJ,” ujar Sekretaris Edura UNJ Syaifudin, Mulai Pekan (25/3/2024).

Syaifudin menyebut, pernyataan resmi UNJ ada 15 poin, yaitu pertama, UNJ sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada Indonesia selalu berazam menyukseskan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, serta Teknologi (Kemendikbud Ristek) juga capaian Indikator Performa Utama (IKU) Perguruan Tinggi pada rangka meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi yang dimaksud berdaya saing.

Kedua, Untuk mewujudkan visi UNJ “Menjadi Universitas yang dimaksud Bereputasi di dalam Kawasan Asia” kemudian selaras dengan kebijakan Kemendikbud Ristek UNJ merumuskan kemudian menetapkan Inisiatif Internasionalisasi pada Rencana Pengembangunan Jangka Panjang (RPJP) 2020 – 2045 dan juga Rencana Penting Bisnis (RSB) 2020 – 2024 sebagai amanah Peraturan Menteri Riset, Teknologi, lalu Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2018 Tentang Statuta Universitas Negeri Jakarta.

“Pada Proyek Internasionalisasi ini, salah satu turunan kegiatannya adalah magang internasional,” ujarnya.

Kegiatan magang Internasional dengan jumlah keseluruhan peserta didik berkegiatan internasional menjadi salah satu kegiatan yang dimaksud tak hanya saja mengemban pemenuhan RPJP dan juga RSB UNJ, namun juga indikator di pemeringkatan internasional juga bentuk implementasi internasionalisasi Proyek Studi di area UNJ yang telah dilakukan mendapatkan sertifikasi internasional.

Ketiga, pada Februari 2023 diawali dengan kedatangan SS yang merupakan dosen di area salah satu perguruan tinggi di area Jambi dan juga timnya ke UNJ untuk menawarkan Proyek Magang Internasional ke Jerman. Pada 6 Mei 2023 SS kembali ke UNJ untuk mempresentasikan Proyek Magang Internasional ke Jerman dengan mengundang juga memperkenalkan PT. SHB serta CV-Gen.

Saat presentasi di area UNJ, kata dia, SS, PT. SHB serta CV-Gen meyakinkan UNJ bahwa PT. SHB adalah perusahaan yang digunakan telah berbadan hukum berdasarkan Nomor AHU-02200096.AH.11 Tahun 2021 kemudian Proyek Magang Internasional dalam Jerman ini menurut pihak merekan diakui oleh eksekutif Jerman lalu Indonesia.

Related Articles

Back to top button