Otomotif

5 Penyebab Mobil Sulit Distarter, Tak hanya sekali Tantangan Aki

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Penyebab mobil sulit distarter cukup beragam. Identifikasi kesulitan ini penting dilaksanakan agar penanganannya tak salah.

Biasanya apabila mesin tak hidup, pemilik mobil berupaya melakukan pendorongan secara manual agar menyala. Namun, apabila hal ini dijalankan terus menerus tentu akan memicu kecacatan komponen mobil. Oleh sebab itu, penting untuk merawat mobil agar kondisi starter dapat masih optimal.

Beberapa pemicu umum mobil sulit distarter di dalam antaranya aki lemah, kabel kendur, atau timbulnya hambatan pada sistem starter. Untuk mengatasi hambatan ini, pemilik kendaraan bisa jadi menyebabkan mobil ke bengkel.

Berikut lima pemicu mobil sulit distarter dilansir dari Auto2000, Hari Senin (11/3/2024) :

1. Aki Lemah atau Rusak

Salah satu faktor paling umum mobil sulit distarter adalah aki yang lemah atau rusak. Aki yang tersebut telah tua bisa saja mengakibatkan kapasitasnya menurun. Hal ini membuatnya sulit untuk menyediakan arus yang dimaksud cukup untuk memutar mesin starter.

Selain itu, korosi pada terminal aki juga dapat menjadi penyulut hambatan ini. Korosi menghalangi aliran listrik antara aki juga sistem starter, sehingga menghambat proses starter.

2. Kabel Kendur atau Putus

Kabel-kabel yang menghubungkan aki dengan sistem starter bisa jadi menjadi kendur atau bahkan putus akibat usia atau tekanan yang tersebut terlalu besar. Kabel yang dimaksud kendur atau putus akan menghalangi aliran listrik yang cukup untuk melakukan starter dengan baik.

Kondisi ini dapat terjadi pada kabel positif (yang menghubungkan aki dengan starter) maupun kabel negatif (yang menghubungkan aki dengan kerangka mobil). Pengecekan secara berkala terhadap keadaan kabel-kabel ini sangat penting untuk menghindari permasalahan yang bukan diinginkan.

3. Solenoid Starter Rusak

Solenoid starter adalah komponen yang dimaksud bertugas untuk meneruskan arus listrik dari aki ke motor starter pada waktu kunci kontak diputar. Jika solenoid starter mengalami kehancuran atau kegagalan, proses starter akan terganggu.

Gejala yang digunakan kerap terjadi yaitu bunyi klik-klik pada waktu kunci kontak diputar, tetapi mesin tidak ada berputar. Solenoid yang digunakan rusak sanggup disebabkan oleh usia, keausan, atau kotoran yang dimaksud masuk ke dalamnya.

4. Sakelar Neutral atau Letak Parkir

Sakelar neutral atau tempat parkir merupakan komponen yang melakukan konfirmasi mobil belaka dapat distarter ketika pada kedudukan netral atau parkir. Jika sakelar ini mengalami permasalahan atau rusak, mobil kemungkinan besar tiada akan mampu distarter meskipun kunci kontak telah diputar.

Gejala umumnya adalah lampu indikator pada panel instrumen bukan menyala ketika kunci kontak diputar ke sikap starter. Pengecekan lalu perbaikan sakelar ini perlu dilaksanakan untuk menegaskan mobil dapat distarter dengan lancar.

5. Kesulitan pada Ignition Switch atau Kunci Utama Kontak

Ignition switch atau kunci kontak adalah komponen yang dimaksud mengatur aliran listrik ke berbagai sistem mobil, termasuk sistem starter. Jika ignition switch mengalami masalah, seperti kontak yang tersebut aus atau kendur, maka arus listrik mungkin saja tidak ada akan mencapai sistem starter dengan baik. Hal ini bisa jadi menyebabkan mobil sulit distarter atau bahkan tak menyala sebanding sekali.

Related Articles

Back to top button