Kesehatan

5 Menu Buka Puasa Rendah Kalori, Cocok untuk Jaga Berat Badan Ideal

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Menu membuka puasa rendah kalori menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang dimaksud ingin tetap saja menjaga pola makan sehat di dalam bulan Ramadan. Ya, puasa sendiri diketahui akan memberi pengaruh sangat baik bagi kemampuan fisik apabila diiringi dengan penerapan pola makan yang mana juga sehat.

Puasa buat sebagian orang juga dapat menjadi momen untuk menurunkan berat badan ataupun menjaga bobot ideal. Kalau itu keinginan Anda, tentu pola makan harus diperhatikan, khususnya ketika berbuka. Makanan rendah kalori adalah pilihan yang tersebut terbaik.

Berikut banyak rekomendasi menu menyingkap puasa rendah yang mana bisa saja Anda pilih.

Menu Buka Puasa Rendah Kalori

1. Buah

Menu menyingkap puasa rendah kalori yang digunakan pertama adalah buah. Jenisnya bisa saja pisang, pepaya, melon, anggur, apel, lalu buah beri.

Melansir laman Siloam Hospital, tak belaka rendah kalori, buah-buahan yang dimaksud juga mengandung vitamin kemudian mineral yang tersebut tinggi sehingga dapat menggalang kerja sistem imun tubuh.

Khusus yang mana termasuk di kelompok buah beri seperti bluberi, blackberry, juga rasberi, terkandung pula senyawa yang mana bersifat radikal bebas sehingga bisa saja membantu tubuh melawan radikal bebas faktor penyakit.

Namun perlu diingat, tak semua buah rendah kalori. Beberapa buah disarankan untuk dihindari atau dibatasi konsumsinya pada waktu berbuka puasa akibat buah yang dimaksud mengandung gas yang dimaksud berpotensi memicu gangguan pencernaan. Salah satu contoh buah yang digunakan seperti ini adalah durian.

2. Sayuran

Tak ada yang dimaksud menyangsikan sehatnya sayur-mayur. Sayuran kaya serat, vitamin, serta mineral, plus tentu belaka rendah kalori. Bahkan beberapa jenis sayuran hijau diketahui mengandung zat besi yang tersebut mampu meningkatkan produksi sel darah merah. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih tinggi bugar kemudian tidak ada lesu selama berpuasa.

Beberapa jenis sayuran rendah kalori yang digunakan baik dikonsumsi pada waktu berbuka puasa adalah selada, bayam, dan juga sawi. Namun pada sisi lain, ada juga jenis sayuran yang mana mempunyai zat gas tinggi seperti brokoli, kembang kol, kemudian kubis sehingga Anda disarankan untuk membatasi konsumsinya agar terhindar dari gangguan pencernaan.

3. Nasi Merah

Nasi merah mengandung karbohidrat kompleks sehingga direkomendasikan sebagai salah satu menu mengakses puasa rendah kalori. Diketahui, karbohidrat kompleks akan dicerna lebih lanjut lambat oleh tubuh sehingga memberikan efek kenyang lebih tinggi lama. Selain aman dikonsumsi pada waktu berbuka puasa, nasi merah juga baik dimakan ketika sahur.

4. Ikan

Untuk mencukupi asupan protein harian, Anda dapat mengonsumsi daging ikan ketika berbuka puasa. Selain berprotein tinggi, ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang dimaksud baik untuk kebugaran otak lalu jantung. Agar mampu memperoleh komposisi gizinya secara optimal, sebaiknya daging ikan diolah dengan cara dikukus.

Beberapa jenis ikan yang mana direkomendasikan menjadi menu menyingkap puasa adalah tuna, salmon, sarden, lalu makerel.

5. Telur

Telur juga merupakan sumber protein yang dimaksud baik. Selain itu, telur ternyata masih tergolong makanan rendah kalori dengan syarat diolah dengan cara yang dimaksud tepat. Misalnya mengolah telur dengan cara direbus atau dikukus. Sebab, telur yang tersebut diolah dengan cara digoreng akan mengandung lemak kemudian kalori yang mana cenderung tinggi.

Itu ia lima menu mengakses puasa rendah kalori yang digunakan patut Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related Articles

Back to top button