Bisnis

Sistem Digital Menjadi Asa Pelaku UMKM Nasional Bertambah

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Indonesia dikenal sebagai negara dengan kekayaan kulinernya yang dimaksud beragam, juga salah satu ciri khasnya adalah kuliner pedas yang tersebut membangkitkan selera. Hal itulah yang dimaksud mengupayakan Usaha Mikro Kecil serta Menengah (UMKM) menggeluti usaha di tempat sektor itu. Besarnya lingkungan ekonomi domestik menjadi kesempatan yang mana dimanfaatkan oleh sebagian pelaku UMKM kuliner Indonesia.

“Kami menyasar lingkungan ekonomi dengan mengoptimalkan wadah digital,”ujar Pendiri EatSambal Yansen Gunawan Selasa (19/3/2024). Dengan menghadirkan konsep sambal kemasan, EatSambel pun mencari cara untuk mengoptimalkan pasarnya serta menyasar penggemar sambal di area Indonesia, salah satunya melalui platform digital TikTok.

Dia menyatakan bahwa TikTok membantu mempertemukan EatSambel dengan target pangsa yang dimaksud hendak dituju. Selain itu, dengan rutin melakukan LIVE, EatSambel dapat mendeskripsikan secara dengan segera cita rasa yang mana ditawarkan masing-masing varian sambal, juga menunjukkan tekstur dan juga material yang tersebut terkandung di item pada calon pembeli.

“Bagi EatSambel, layanan LIVE ini sangat cocok untuk mengiklankan makanan, akibat para penonton sanggup mendapatkan pandangan barang sebelum melakukan pembelian,” ujar Yansen.

Sebelum menggunakan layanan belanja TikTok yang dimaksud saat ini dikenal dengan Shop Tokopedia untuk berjualan, Yansen sudah ada lebih lanjut dulu memanfaatkan TikTok untuk menunjukkan kreasi masakannya dan juga mendirikan kedekatan dengan penonton.

“Proses migrasi Shop Tokopedia yang tersebut hampir selesai ini ternyata berjalan lancar tanpa adanya hambatan. Saya dan juga teman-teman sesama pelaku UMKM ingin tetap memperlihatkan dapat berjualan dengan lancar di dalam TikTok,” ungkap Yansen.

Dia mengklaim, EatSambel menjadi contoh nyata bagaimana platform digital TikTok dapat menjadi media solusi untuk pengembangan bidang usaha kuliner. Dimulai dari memunculkan konten menarik, menjalin kerjasama dengan kreator, hingga memanfaatkan layanan live streaming, EatSambel berhasil memulai pembangunan interaksi yang kuat dengan konsumen.
“Kehadiran Shop Tokopedia semakin melengkapi kemudahan bagi para pelaku UMKM lokal. Lingkungan ini bukan hanya saja membuka akses ke bursa yang digunakan tambahan luas, tetapi juga membantu membuka prospek kerja bagi banyak warga di tempat sekitarnya,”katanya.

Sedangkan Direktur Segara Research Institute Piter Abdullah mengapresiasi konsistensi Kementerian Perdagangan (Kemendag) di mengawal sekaligus membina para pihak untuk menjalankan kegiatan bisnis model sesuai ketentuan. Kemendag di area satu sisi bersikap hati hati, tapi pada ketika yang mana sejenis terus mengarahkan agar Tiktok serta Tokopedia memenuhi semua persyaratan.

“Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah di memberikan solusi lalu kepastian hukum bagi para pelaku usaha. Kemendag juga terlihat lebih lanjut fokus pada nilai tambah atau khasiat yang dihasilkan dari integrasi kedua platform digital yang saling melengkapi ini bagi kelanjutan jadwal besar digitalisasi UMKM,” kata Piter.

Related Articles

Back to top button