Kesehatan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas? Hal ini Pengaruhnya pada Janin

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Tidak sedikit ibu hamil ngidam makanan pedas, seperti seblak hingga bakso. Namun, keinginan untuk mengonsumsi makanan yang tersebut menggugah selera ini harus dikubur dalam-dalam oleh sebab itu ada anggapan bahwa makan pedas bagi ibu hamil berbahaya. Benarkah?

Perlu diketahui, makan pedas ketika hamil sebenarnya aman. Pasalnya, makanan pedas tak termasuk pada daftar makanan yang tersebut harus dihindari ketika sedang mengandung. Jadi, anggapan bahwa makan pedas dilarang belaka mitos belaka.

Makanan pedas aman bagi janin serta bayi. Hanya cuma itu tiada berlaku bagi sistem pencernaan. Jadi, kemungkinan besar makan makanan pedas sanggup menyebabkan efek yang bukan mengenakan seperti sakit perut bahkan dapat memicu gejala penyakit radang usus (IBD).

Selain itu, makan pedas juga meningkatkan risiko sakit maag. Banyak ibu hamil menderita sakit maag akibat hormon kehamilan mengendurkan katup antara kerongkongan kemudian lambung, yang dimaksud menyebabkan asam lambung naik. Itu artinya makan pedas dapat memperparah sakit maag.

Meski ada dampak negatif, tapi ternyata makan pedas ketika hamil miliki nilai positif. Penelitian mengatakan makan pedas dapat meningkatkan kondisi tubuh akibat Capsaicin (bahan kimia pedas) pada paprika memiliki sifat anti-inflamasi yang digunakan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Makan pedas juga dapat memberikan kebaikan pada bayi. Salah satunya adalah meningkatkan indra perasa pada bayi, mengingat rasa di makanan ditransfer ke bayi melalui cairan ketuban.

Penelitian menunjukkan bahwa apa yang mana ibu makan memengaruhi preferensi bayi dalam kemudian hari, jadi mengonsumsi berbagai rasa lalu rempah mungkin saja sanggup membantu menggerakkan keinginan makan bayi.

Related Articles

Back to top button