Kesehatan

Benarkah Makan Tempe serta Tahu Menyebabkan Asam Urat?

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Makan tempe lalu tahu dipercaya dapat menyebabkan asam urat . Tempe serta tahu adalah produk-produk kedelai yang merupakan sumber protein nabati yang baik serta biasanya dianggap sebagai makanan sehat.

Namun, tempe dan juga tahu mengandung kadar nukleotida yang dimaksud sedang hingga tinggi. Dilansir dari Mayo Clinic, Selasa (19/3/2024) nukleotida adalah senyawa alami yang mana ditemukan pada makanan serta dapat diubah menjadi asam urat di tubuh.

Karena tempe dan juga tahu mengandung purin, ada prospek bahwa konsumsi berlebihan dari kedua makanan ini dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat pada darah. Terutama jikalau dikonsumsi pada jumlah agregat besar juga secara teratur.

Bagi sebagian orang yang rentan terhadap peningkatan kadar asam urat, seperti penderita asam urat atau orang yang mempunyai riwayat keluarga dengan kondisi ini, disarankan untuk membatasi konsumsi makanan tinggi purin. Termasuk tempe dan juga tahu.

Benarkah Makan Tempe lalu Tahu Menyebabkan Asam Urat?

Foto/Infografis SINDOnews

Namun, ini bukan berarti bahwa dia harus sepenuhnya menghindari makanan tersebut. Sebagai gantinya, merek perlu membatasi porsi dan juga jumlah kali konsumsi tempe juga tahu, juga memperhatikan reaksi tubuh terhadap makanan tersebut.

Penting juga untuk diingat bahwa faktor-faktor lain seperti pola makan secara keseluruhan, gaya hidup, lalu riwayat kemampuan fisik secara keseluruhan juga berperan di pengelolaan asam urat.

Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang tersebut sesuai dengan kondisi kebugaran individu Anda. Berikut cara mengurangi asam urat usai mengonsumsi tempe juga tahu.

1. Batasi jumlah agregat konsumsi tempe kemudian tahu di satu porsi.
2. Konsumsi secara moderat, tiada berlebihan.
3. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi yang dimaksud sesuai dengan kondisi kondisi tubuh Anda.
4. Perhatikan reaksi tubuh Anda pasca mengonsumsi tempe juga tahu. Jika memperburuk gejala asam urat, pertimbangkan untuk mengempiskan konsumsinya.

Selain itu, penting menjaga pola makan secara keseluruhan dengan mengonsumsi lebih tinggi banyak buah-buahan, sayuran, kemudian biji-bijian, dan juga menghindari makanan yang tinggi nukleotida seperti daging merah, makanan laut yang digunakan kaya purin, juga alkohol.

Related Articles

Back to top button