Kesehatan

Benarkah Makan Banyak ketika Sahur Bisa Cegah Rasa Lapar Lebih Lama?

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Benarkah makan banyak ketika sahur sanggup mengurangi rasa lapar lebih tinggi lama? Sebagian orang penasaran dengan anggapan itu.

Dokter sekaligus healthy educator, dr Nadia Alaydrus menjelaskan makan berlebihan dapat menyebabkan kekebalan pada hormon leptin yang tersebut menyebabkan sinyal lapar lalu kenyang dapat muncul pada waktu perut masih pada keadaan penuh sehingga kondisi itu tiada menjamin bahwa perut pada keadaan penuh sanggup menghindari seseorang timbul rasa lapar lebih banyak lama.

“Jadi malah sinyal lapar lalu kenyang itu nggak ke kontrol. Jadi, sinyal lapar tuh sebenarnya sanggup hanya muncul, padahal perut masih terisi penuh, belum lagi nih, kalau sahurnya tuh kebanyakan. Itu malah bikin kita jadi makin gemuk sebab banyak kalori yang digunakan masuk,” kata dr Nadia, dikutipkan dari akun TikTok @nadialaydrus, Selasa (19/3/2024).

Tidak cuma itu, dr Nadia mengatakan, seseorang yang mana makan sahur secara berlebihan dapat membuatnya merasa ngantuk ketika menjalani aktivitas sebab pada pada waktu mencerna makanan sel pankreas akan memproduksi insulin lalu pada ketika inilah ia akan meningkatkan hormon melatonin dan juga serotonin.

Kedua hormon yang disebutkan akan menciptakan mata terpencil lebih besar berat jika dibandingkan biasanya ketika seseorang konsumsi makan di total banyak. Maka dari itu, dr Nadia menyarankan untuk penduduk agar membatasi jumlah total makanan yang dimaksud dimakan pada waktu sahur serta berbuka puasa.

“Makanya kenapa masih harus dibatasi juga tuh konsumsi makan pada pada waktu sahur serta juga berbuka secukupnya aja kemudian kalau mau kenyang tambahan lama ketika berpuasa itu yang digunakan diperhatikan tuh tidak jumlah agregat makanannya tapi jenis makanannya,” tuturnya.

Di sisi lain, adapun tips makan sahur yang direkomendasikan oleh Kementerian Aspek Kesehatan (Kemenkes) agar tubuh tetap memperlihatkan bugar, di area antaranya:

1. Mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, dan juga oat

2. Perbanyak mengkonsumsi buah lalu sayur untuk memenuhi keinginan serat dan juga vitamin harian

3. Perbanyak mengkonsumsi air

4. Perbanyak mengkonsumsi protein untuk memperbaiki juga mendirikan jaringan tubuh kemudian meningkatkan imun tubuh.

Related Articles

Back to top button