Nasional

Alasan Teknis, Rekapitulasi Nasional Provinsi Papua kemudian Papua Pegunungan Baru Digelar Besok

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru akan melaksanakan rekapitulasi tingkat nasional untuk Provinsi Papua dan Papua Pegunungan pada Rabu (20/3/2024) besok. Artinya rekapitulasi yang digunakan sedianya dilaksanakan hari ini dibatalkan.

Komisioner KPU Mochammad Afifuddin menyatakan alasan dibatalkannya rekapitulasi untuk dua provinsi itu dilatarbelakangi alasan teknis. Untuk Provinsi Papua, masih belum tiba pada Ibukota Indonesia serta Papua Pegunungan masih menjalani rekapitulasi pada tingkat provinsi.


“Papua Pengunungan sedang pleno Tolikara di area Jayapura sebab situasi keamanan,” ujarnya, Selasa (19/3/2024).

Adapun ia menyampaikan waktu penetapan akan dijalankan pasca dua provinsi itu rampung menjalani rekap nasional. Ia pun membuka kesempatan penetapan baru bisa saja diadakan pada siang atau sore hari.

“Tentu besok jadi batas waktu penetapan juga kita inginnya, sanggup kita tetapkan siang atau sore hari sebelum malam,” ungkapnya.

Terpisah, Anggota KPU Idham Holik menyatakan baik KPU Papua juga Papua Pegunungan dijadwalkan baru terbang ke DKI Jakarta di malam hari ini.

“Nanti waktu malam jam 22:00 WIT, KPU Papua serta KPU Papua Pegunungan akan dengan berangkat ke Ibukota dengan carter pesawat,” tutup dia.

Sebagai informasi, rekapitulasi tingkat nasional hingga Selasa (19/3/2024) hari ini telah lama berlangsung untuk 36 provinsi. 36 provinsi itu telah terjadi disahkan hasil pemilihan umum presidennya.

Sementara 35 provinsi sudah disahkan untuk pemilihan legislatif tingkat DPR. Hingga pukul 19.55 Waktu Indonesia Barat hari ini, KPU masih melaksanakan rekapitulasi nasional untuk Pileg DPR Provinsi Jawa Barat.

Related Articles

Back to top button