Kesehatan

5 Bahaya Sering Minum Es ketika Buka Puasa

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Hidangan berbuka puasa identik dengan gorengan juga minum-minuman serba dingin. Bicara minuman dingin ketika berbuka, ini menjadi pilihan untuk melepas dahaga dan juga bisa saja menyegarkan tubuh pasca seharian berpuasa.

Namun, apakah benar minuman dingin ini sanggup memberikan efek segar pasca seharian berpuasa atau justru punya dampak buruk untuk kemampuan fisik tubuh? Berikut ulasannya.

Mengonsumsi minuman dingin pada waktu berbuka puasa ternyata tidaklah sepenuhnya disarankan. Pasalnya, perlu diketahui, dalam balik kesegaran yang mana didapatkan, terdapat bahaya yang digunakan mengintai pada baliknya. Terlebih, jikalau mengonsumsinya secara berlebihan.

Nah, berikut beberapa dampak buruk apabila banyak minum air dingin ketika berbuka puasa, dilansir berbagai sumber pada Rabu (13/3/2024), berikut ulasannya.

Bahaya Sering Minum Es

1. Gangguan pencernaan
Minum es ketika berbuka puasa akan menyebabkan kinerja lambung menjadi lambat. Pasalnya, lambung harus menyesuaikan suhu es yang Anda minum dengan suhu tubuh terlebih dahulu.

Selain itu, selama berpuasa perut tiada terisi makanan juga minuman selama 13 jam sehingga akan kaget atau mengalami kontraksi ketika secara langsung menerima air dingin.

2. Sakit tenggorokan
Minum air dingin ketika berbuka puasa di kondisi perut kosong kemudian dilaksanakan secara rutin bisa saja mengakibatkan sakit tenggorokan dan juga hidung tersumbat. Karena air dingin mampu memunculkan penumpukan lendir berlebih di tempat saluran pernapasan.

3. Menghambat makanan ke perut
Penelitian dari Southern Medical University, Cina, menyebutkan mengonsumsi air dingin pada keadaan perut kosong sanggup menyebabkan akalasia, yakni kondisi ketika otot kerongkongan tidaklah mampu menyokong makanan atau minuman masuk ke lambung.

4. Menurunkan detak jantung
Sejumlah riset sudah ada menunjukkan, bahwa minum es pada waktu menerbitkan puasa dapat merangsang saraf untuk menurunkan detak jantung lalu pada beberapa persoalan hukum sanggup berbahaya bagi jantung.

5.Memicu sakit kepala
Berdasarkan studi dari Universitas RS Uppsala dalam Swedia, air dingin juga bisa saja mengakibatkan sakit kepala.

Dalam beberapa kasus, makanan atau minuman yang terlalu dingin bahkan dapat menyebabkan kepala lalu otak terasa membeku. Pasalnya, minum es pada waktu berbuka puasa bisa saja memicu produksi lendir yang digunakan berlebih pada tubuh.

Padahal, produksi lendir yang digunakan berlebih bisa jadi menurunkan fungsi sistem pertahanan tubuh sehingga menimbulkan tubuh mudah terserang penyakit.

Related Articles

Back to top button