Kesehatan

4 Minuman yang dimaksud Perlu Dihindari pada waktu Buka Puasa, Bisa Alami Permasalahan Pencernaan

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Berbuka puasa dengan minuman segar memang benar begitu nikmat. Namun, Anda perlu memilah minuman yang baik kemudian yang mana perlu dihindari pada waktu mengakses puasa.

Ada beberapa minuman yang mampu memengaruhi kemampuan fisik bila terlalu kerap dikonsumsi ketika mengungkap puasa. Apa saja? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Air Dingin

Pertama ada air dingin. Meski menyegarkan, berbuka puasa secara langsung dengan air dingin sanggup memicu permasalahan kesehatan.

Melansir Oman Observer, meminum air dingin pada waktu perut kosong menciptakan proses pencernaan menjadi sulit dikarenakan adanya kontraksi otot-otot lambung.

Hal ini menyebabkan penyempitan pembuluh darah kapiler sehingga tiada mendapatkan khasiat dari nutrisi, vitamin kemudian mineral yang terdapat pada makanan, sehingga menghasilkan perut kembung.

2. Kopi

Selanjutnya ada kopi. Kopi mengandung kafein yang perlu dihindari ketika berbuka puasa. Pasalnya, kafein menyebabkan hilangnya air sehingga meningkatkan rasa haus. Selain itu, kafein di kopi juga bisa jadi memicu kontraksi otot sehingga memicu kesulitan pencernaan.

3. Teh

Sama halnya dengan kopi, teh juga mengandung kafein sehingga baiknya dihindari ketika berbuka puasa. Kafein yang dimaksud terkandung pada teh juga sanggup memicu naiknya asam lambung hingga kesulitan pencernaan lainnya, seperti sembelit ketika dikonsumsi pada keadaan perut kosong.

4. Minuman Bersoda

Satu lagi ialah minuman bersoda. Meski rasanya nikmat juga menyegarkan, minuman bersoda sebaiknya tak diminum pada waktu perut kosong.

Usahakan untuk menghindari minum air bersoda di tempat bulan Ramadan. Hal ini lantaran minuman bersoda dapat menyebabkan gangguan pencernaan kemudian rasa kenyang juga menurunkan kualitas pencernaan.

Related Articles

Back to top button