Otomotif

Mengenal Apollo, Robot yang dimaksud Dipekerjakan Mercedes-Benz Merakit Mobil

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Pabrikan otomotif dengan syarat Jerman, Mercedes-Benz mulai menggunakan robot-robot humanoid untuk merakit mobil secara manual. Robot yang digunakan adalah Apollo milik Apptronik yang dimaksud akan menyelesaikan tugas-tugas mudah seperti mengambil atau menyebabkan komponen guna meringankan tugas manusia pada jalur perakitan.

Dilansir dari Interesting Engineering, Awal Minggu (18/3/2024), robot humanoid ini juga akan digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas perakitan ringan. Hal ini akan membebaskan pekerja manusia untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih lanjut penting lalu mengempiskan risiko cedera atau keselamatan lainnya yang digunakan terkait dengan tugas-tugas manual.

“Mercedes berencana menggunakan robotika kemudian Apollo untuk mengotomatiskan beberapa pekerjaan manual yang digunakan membutuhkan keterampilan rendah kemudian menantang secara fisik, sebuah contoh persoalan hukum yang dimaksud akan kita lihat ditiru oleh organisasi lain di beberapa bulan dan juga tahun mendatang,” kata ketua eksekutif Apptronik Jeff Cardenas.

Robot Apollo miliki tinggi 5 kaki, 8 inci (1,77 meter), beratnya dapat mencapai 55 pon (25 kg), serta beratnya 160 pon (72,6 kg). Ia dapat beroperasi selama sekitar empat jam tanpa henti dengan satu baterai. Wujudnya identik seperti manusia dengan dua lengan, kaki, badan, dan juga kepala. Robot yang dimaksud juga miliki layar di tempat bagian dadanya yang digunakan menampilkan berbagai macam informasi.

Apollo juga mempunyai fasilitas keselamatan canggih yang digunakan menghentikannya ketika mendeteksi benda atau orang bergerak di dalam di zona tumbukan.

Selain itu, robot yang dimaksud mempunyai perangkat lunak yang digunakan memungkinkannya dikendalikan dari jarak jauh, serta menurut situs web perusahaan, robot yang dimaksud bahkan dapat dioperasikan menggunakan perangkat seperti pengontrol permainan.

Selain itu, kekuatan komputasi Apollo memungkinkan perusahaan-perusahaan Kecerdasan Buatan terkemuka untuk menyelesaikan kasus-kasus penyelenggaraan pada luar kasus-kasus yang mana pada awalnya akan diselesaikan oleh Apptronik, mirip dengan konsep iPhone, perangkat keras kelas dunia yang ramah pengguna yang digunakan dilengkapi dengan beberapa perangkat lunak yang tersebut sudah pernah dibuat sebelumnya lalu dapat tambahkan perangkat lunak yang dimaksud dikembangkan oleh pihak ketiga.

Hal ini dapat berarti bahwa Mercedes-Benz dapat memanfaatkan Apollo untuk memeriksa suku cadang kendaraan, mengakibatkan suku cadang ke jalur perakitan untuk dirakit oleh pekerja manusia, kemudian mengirimkan suku cadang kit, dan juga peluang pengaplikasian lainnya.

Related Articles

Back to top button