Kesehatan

Begini Makan Sahur yang digunakan Benar Agar Tidak Lemas ketika Puasa

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Untuk menghindari rasa lemas pada waktu berpuasa, penting untuk mengonsumsi makan sahur yang mana seimbang kemudian berkualitas. Sahur sendiri merupakan waktu penting selama menjalankan puasa pada bulan Ramadan.

Sebab dengan sahur , Anda akan mendapatkan energi juga nutrisi untuk menjalankan aktivitas selama berpuasa . Sayangnya, tidaklah semua orang paham makan sahur yang digunakan benar. Bahkan, sebagian kerap melewatkan waktu ini lantaran beberapa alasan.

Saat sahur, penting untuk menghindari makanan manis. Ini adalah akibat tinggi kalori lalu lemak dan juga rendah serat yang mana akan menciptakan Anda mudah lapar juga lemas pada waktu menjalankan puasa.

Begini Makan Sahur yang Benar Agar Tidak Lemas pada waktu Puasa

Berikut makan sahur yang benar agar tidak ada lemas pada waktu puasa dilansir dari Health Shots, Rabu (13/3/2024).

1. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Pilihlah karbohidrat kompleks seperti roti gandum, oatmeal, atau nasi merah sebagai sumber energi yang mana tahan lama. Karbohidrat kompleks akan memberikan energi secara bertahap selama puasa.

2. Tambahkan Protein

Tambahkan protein ke di sahur Anda untuk membantu menjaga rasa kenyang lebih besar lama. Contohnya termasuk telur rebus, daging rendah lemak, ikan, tahu, atau tempe.

3. Perbanyak Serat

Serat membantu menjaga pencernaan tetap saja lancar lalu memberikan rasa kenyang lebih lanjut lama. Anda mampu menambahkan sayuran hijau, buah-buahan, atau biji-bijian yang kaya serat ke di sahur Anda.

4. Hindari Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula seperti kue manis, minuman bersoda, atau permen dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang digunakan cepat, disertai oleh penurunan yang tersebut tajam kemudian menciptakan Anda merasa lemas. Hindari makanan yang disebutkan dan juga pilihlah sumber karbohidrat yang lebih lanjut sehat.

Related Articles

Back to top button