Kesehatan

Silo Antisipasi Tren Industri Kesejahteraan

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak bisnis PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) pada sektor layanan kemampuan fisik mengantisipasi perkembangan tren bidang kebugaran dalam Indonesia.

Untuk itu, SILO telah dilakukan mengindikasikan 4 megatren utama perawatan kemampuan fisik di tempat Indonesia, seperti meningkatnya demografi populasi lansia, meningkatnya tingkat adopsi teknologi digital, meningkatnya kesadaran perawatan kebugaran terhadap perawatan pencegahan, kemudian digitalisasi perawatan kesehatan.

Selain itu, Indonesia akan terus mengalami pertumbuhan pembelanjaan layanan kebugaran yang digunakan kuat selama beberapa tahun ke depan seperti yang digunakan ditunjukkan oleh CAGR sektor layanan kondisi tubuh dari tahun 2022 hingga 2030 yang tersebut diproyeksikan sebesar 7-8%, menurut Kementerian Bidang Kesehatan Indonesia.

Group pimpinan LPKR sekaligus Komisaris Utama SILO John Riady menyampaikan bahwa SILO sebagai salah satu penyedia layanan kebugaran terbesar di dalam Indonesia mengikuti tren yang dimaksud serta menghadirkan berbagai inisiatif kegiatan klinis kuratif juga teknologi digital untuk membantu peningkatan sektor kondisi tubuh dalam Indonesia.

Seiring dengan perkembangan lingkungan ekonomi dan juga inisiatif-inisiatif yang digunakan dilakukan, SILO juga telah dilakukan menetapkan jalur untuk mencapai tingkat peningkatan dua digit yang tersebut tinggi, mengungguli sektor kesehatan. Melalui inisiatif digital SILO misalnya, pasien pada melakukan pemesanan secara instan, mengantri secara virtual, hingga melakukan medical check up (MCU) pada hari yang sama. Saluran digital ini termasuk Aplikasi MySiloam, situs web Siloam, pusat kontak khusus, dan juga nomor WhatsApp khusus.

Seiring dengan meningkatnya popularitas saluran digital Siloam, jumlah agregat pasien yang digunakan diperoleh secara digital juga meningkat. Saluran Digital Siloam termasuk Obrolan Langsung dan juga WhatsApp berkontribusi 21% atau sekitar 532.285 pemesanan terhadap total Kunjungan Rawat Jalan per September 2023.

SILO juga telah dilakukan mengembangkan sistem umpan balik pasien digital yang mana disebut Siloam Online Feedback Aggregator System (SOFAS) sehingga pasien dapat memberikan umpan balik segera yang mana akan diterima secara real-time oleh kelompok khusus. Melalui SOFAS yang tersebut diimplementasikan di tempat semua unit Grup RS Siloam, sekitar 80% keluhan dapat diselesaikan pada 2 jam.

Per September 2023, program MySiloam telah lama didownload lebih banyak dari 2 jt pengguna. Rata-rata pengguna berpartisipasi bulanan mencapai 170.000 pasien kemudian rata-rata tingkat engagement lebih tinggi dari 78%. Dari sisi trafik mencapai 12 jt per bulan hingga 9M2023. Layanan aplikasi mobile MySiloam mencakup rencana konferensi dengan dokter, buku medical check up, akses personal histori medis hingga hasilnya, video telekonsultasi, hingga layanan emergensi dan juga informasi RS Siloam.

Peningkatan saluran digital MySiloam turut menggalakkan peningkatan kinerja positif SILO pada 9M2023. Setiap September 2023, SILO mencatatkan pendapatan Rp8,24 triliun, naik 21,55% dari Rp6,93 triliun per September 2022. Perinciannya, pendapatan rawat inap Rp4,73 triliun per kuartal III/2023 naik dari sebelumnya Rp3,86 triliun, kemudian pendapatan rawat jalan Rp3,51 triliun naik dari Rp3,06 triliun per kuartal III/2022. Siloam juga mencatatkan laba tahun berjalan yang mana dapat diatribusikan terhadap pemilik entitas induk Rp858,90 miliar. Laba bersih yang dimaksud melonjak 91,20% dari sebelumnya Rp449,21 miliar.

Related Articles

Back to top button