Bisnis

Kemenhub Prediksi Pemudik Lebaran 2024 Capai 193,6 Juta Orang

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mencatatkan data prospek pergerakan warga secara nasional pada masa Lebaran 2024 mencapai 193,6 jt orang. Angka ini setara 71,7 persen dari total total penduduk Indonesia.

Proyeksi tren peningkatan pergerakan masa pada periode Lebaran yang dimaksud berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan.

“Berdasarkan hasil survei yang dimaksud dilaksanakan oleh BKT terdapat tren peningkatan kemungkinan pergerakan publik secara nasional pada masa Lebaran 2024, yaitu sebesar 71,7 persen dari jumlah total penduduk Indonesia atau sebanyak 193 jt orang,” ujar Budi pada waktu konferensi pers, Mingguan (17/3/2024).

Dari hitungan yang disebutkan sebesar 14,6 persen atau setara 28,4 jt orang dalam Jabodetabek akan melakukan perjalanan dalam masa mudik Lebaran tahun ini. Adapun, prediksi pergerakan masa pada masa Lebaran tahun ini naik 45,8 persen dibandingkan periode yang mana mirip 2023 yang digunakan berada pada kedudukan 123 jt orang.

Data-data ini, lanjut Menhub, mengindikasikan kecenderungan peningkatan minat warga untuk melakukan perjalanan ketika mudik juga arus balik Lebaran 2024. “Hal ini mengindikasikan terdapat kecenderungan peningkatan minat penduduk untuk melakukan perjalanan mudik lebaran pada tahun 2024 serta jikalau dibandingkan 2023 sebesar 45,8 persen atau sebesar 123 jt orang,” paparnya.

Di lain sisi, sebagai langkah antisipasi dari lonjakan publik pada masa angkutan Lebaran 2024, Kemenhub melakukan persiapan baik secara operasional maupun kebijakan pengendalian pengaturan transportasi serta penanganan secara komprehensif. Otoritas pun menggandeng instansi lalu kementerian lalu pemerintah pusat, Polri, Pemda, BUMN, lalu pihak swasta.

“Langkah nyata yang sudah diambil adalah Kemenhub, Korlantas, Kementerian PUPR dengan menerbitkan SK tentang pengaturan lalu lintas kemudian penyebrangan masa arus mudik Lebaran 2024 tanggal 5 maret 2024 kemudian SK yang dimaksud memuat pengaturan pembatasan operasional angkutan barang Lebaran 2024,” kata dia.

Related Articles

Back to top button