Lifestyle

Jangan Kalap! Segini Kalori di Satu Porsi Bakwan Goreng

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Kalori di bakwan goreng dapat bervariasi tergantung pada ukuran lalu bahan-bahan yang tersebut digunakan pada pembuatannya. Namun, secara umum perkiraan jumlah keseluruhan kalori di satu porsi gorengan ini nyaris 900 kalori.

Certified health coach, dr. Dion Haryadi, PN1, CHC, AIFO-K mengungkapkan bahwa total kalori bakwan goreng per sajian sebesar 894 kalori. Ini adalah terdiri dari tepung terigu (100 gram) 364 kalori, wortel (100 gram) 42 kalori, dan juga kol (100 gram) 25 kalori.

Selain itu, daun bawang (25 gram) 11 kalori, bawang putih (5 gram) 5 kalori, merica bubuk (1 gram) 6 kalori, garam (5 gram) 0 kalori, serta minyak goreng (50 gram) 443 kalori.

“Saya nggak tahu untuk resep yang dimaksud dapat bakwannya seberapa gede dan juga seberapa banyak. Tapi kalau untuk satu resep tadi itu bisa jadi dapat hampir sekitar 900 kalori,” kata dr. Dion diambil dari akun Instagram pribadinya, @dionharyadi, Hari Sabtu (16/3/2024).

Jika ingin menurunkan kalori lebih besar banyak, dr. Dion menyarankan untuk membagi porsi bakwan goreng hingga menjadi delapan. Di mana kalori yang dimaksud akan Anda konsumsi semata-mata kurang lebih besar sekitar 100 kalori.

“Kalau mau lebih lanjut hemat, kamu bisa saja bagi ke lebih tinggi sejumlah porsinya. Jadi mampu bagi keenam, atau kedelapan misalnya. Kalau bagi kedelapan ya per bakwannya itu cuma dapat sekitar seratusan kalori. Ya masih oke lah,” jelasnya.

Di sisi lain, dr. Dion menyarankan untuk menggoreng bakwan menggunakan minyak baru. Hindari memakai minyak yang mana telah dipakai berulang kali untuk menggoreng makanan lantaran bisa saja memicu permasalahan kebugaran serius, seperti steroid hingga risiko radikal bebas.

“Kalau goreng pakai minyak, usahain pakai minyak yang digunakan baru. Jangan pakai minyak yang digunakan sudah ada dipakai berulang kali,” ujarnya.

Agar lebih banyak seimbang, dr. Dion menyarankan untuk menambahkan protein seperti udang pada bakwan. Di sisi lain, bakwan juga bisa saja dikonsumsi dengan protein lainnya sebagai makan besar.

“Makronya kebanyakan cuma dari karbo juga minyak dengan serat yang nggak terlalu banyak. Kalau kamu mau nambahin protein, ya saran saya ya mampu mungkin saja tambahin kayak udang misalnya,” ungkapnya.

“Atau dimakan sama-sama dengan protein lainnya sebagai makan besar serta seperti biasa. Makan secukupnya serta belajar menikmati secara bertanggung jawab,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button