Bisnis

BRI Life Bukukan Premi Asuransi Mikro Rp743,12 M pada 2023

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – BRI Life terus meningkatkan kesadaran sektor Usaha Mikro, Kecil, kemudian Menengah (UMKM) untuk miliki proteksi dengan asuransi mikro kecelakaan, kondisi tubuh kemudian meninggal dunia (AMKKM).

Berdasarkan laporan, nilai premi baru ekuivalen yang disetahunkan atau Annualized Premium Equivalent (APE) yang mana dicapai oleh item asuransi AMKKM pada 2023 melalui kanal alternate tercatat sebesar Rp743,12 miliar. Sementara, perkembangan APE asuransi AMKKM di area Februari 2024 adalah Rp50,75 miliar. Jumlah ini berkembang 39,21 persen secara bulanan dibandingkan Januari 2024 senilai Rp36,45 miliar.

Direktur Pemasaran BRI Life Sutadi menjelaskan AMKKM merupakan asuransi mikro yang mana memberikan proteksi terhadap klien dari risiko kecelakaan juga meninggal dunia. Adapun nilai premi yang digunakan ditawarkan mulai dari Rp50.000 serta berlaku untuk satu tahun.

Dalam urusan pemasaran, BRI Life bekerja sebanding dengan agen BRILink untuk melayani pembelian poduk AMKKM dari BRI Life. Terdapat total 740.000 agen BRILink yang digunakan tercatatsampai Desember 2023. Dari jumlah agregat tersebut, sebanyak 55.000 agen BRILink telah lama terdaftar lalu dapat melayani transaksi jual beli barang asuransi AMKKM.

“Secara umum perkembangan asuransi mikro KKM ini menunjukkan mulai tumbuhnya kesadaran berasuransi pada para pelaku UMKM sehingga dengan sendirinya menunjukkan adanya penguatan sektor UMKM,” ujar dia, di tempat Jakarta, hari terakhir pekan (15/3/2024).

Menurut ia BRI Life akan terus mengembangkan pemasaran melalui Agen BRILink, dengan menggunakan media EDC Android sebagai peralatan pemasaran.

“Dengan semua inisiatif yang dimaksud ada serta pangsa lingkungan ekonomi yang tersebut sangat luas dalam induk kami pada BRI, kami yakin hasil asuransi AMKKM dapat terus bertumbuh ke depan,” jelas Sutadi.

Sebagai informasi, Agen BRILink yang merupakan mitra kerja perluasan layanan Bank BRI ini, dapat melayani operasi perbankan mulai dari transfer, tarik tunai, setoran pembayaran tagihan listrik PLN, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, serta berbagai kegiatan lainnya.

BRI Life mencatatkan data Gross Written Premium (GWP) atau pengumpulan premi BRI Life sebesar Rp7,8 triliun sampai dengan 2023. BRI Life juga mencatatkan data laba tahun berjalan (unaudited) senilai Rp535,2 miliar sampai akhir 2023. Angka yang dimaksud meningkat 55,5 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sebanding tahun lalu sebesar Rp344,3 miliar.

Related Articles

Back to top button