Bisnis

Organisasi Negeri Sakura di tempat Indonesia Serap 10.000 Pekerja Magang di tempat 2023

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Komite Studi Pembangunan Sumber Daya Manusia DKI Jakarta Japan Club (JJC) melaporkan, sepanjang 2023, perusahaan-perusahaan Negeri Matahari Terbit dalam Indonesia sudah mengakomodasi ribuan tenaga kerja magang baik dari mahasiswa, hingga siswa sekolah menengah.

Koordinator Komite Studi Pembangunan SDM JJC Akihisa Matsuda mengatakan, sepanjang 2023 perusahaan Negeri Sakura anggota JJC di tempat Indonesia tercatat menerima kurang lebih lanjut 10.000 pekerja magang dari sekitar 1.600 perusahaan jepang yang digunakan ada dalam Indonesia.

“Hasilnya, sekitar 1.600 perusahaan Negeri Matahari Terbit dalam Indonesia menerima 7.400-7.500 pemagang untuk pencari kerja kemudian 3.600-3.700 pemagang dari siswa sekolah menengah kemudian universitas,” jelas Matsuda, di keterangan tertulisnya, hari terakhir pekan (15/3/2024).

Ia mengungkapkan, di dalam Indonesia perusahaan Negeri Sakura berkontribusi pada bursa tenaga kerja Indonesia secara keseluruhan, tidaklah hanya sekali mengembangkan sumber daya manusia untuk karyawan mereka itu sendiri, tetapi dengan memanfaatkan sistem magang untuk pencari kerja serta magang yang tersebut memberikan pengalaman kerja untuk siswa juga siswa sekolah menengah.

Komite Studi Pembangunan SDM JCC berharap laporan ini akan berkontribusi di diseminasi praktik baik pada pengembangan sumber daya manusia pada antara anggota JJC, menginspirasi pemerintah Indonesia kemudian Negeri Matahari Terbit untuk mewujudkan lingkungan bidang usaha yang mana tambahan baik, dan juga turut membantu menguatkan hubungan antar kedua negara.

Pada tahun ini, laporan melibatkan 259 perusahaan Jepun sebagai responden, dalam mana sebanyak 201 perusahaan adalah anggota JCC. Kemudian, ada sebanyak 1.569 perusahaan yang ekspansi ke Indonesia.

Related Articles

Back to top button