Kesehatan

Lakukan 5 Hal Ini adalah Agar Jantung Tetap Baik ketika Puasa

Suarasekadau.co.id – SURABAYA – Aspek Kesehatan jantung penting dijaga setiap waktu, termasuk pada waktu puasa Ramadan. Salah satunya dengan mengatur pola makan setelahnya seharian berpuasa.

“Saat berbuka puasa makan secukupnya saja, tidaklah perlu terlalu berlebihan sehingga seseorang merasa terlalu kenyang, oleh sebab itu hal yang dimaksud akan membantu meringankan faktor risiko penyakit jantung serta pembuluh darah,” terang Dosen Fakultas Keilmuan Kesejahteraan (FIK) UM Surabaya Fatin Lailatul Badriyah.

Tips kedua, perbanyak makan sayur kemudian buah. Sayur kemudian buah rendah kalori juga kaya akan serat. Sayur juga buah adalah sumber vitamin juga mineral yang digunakan sangat baik. Kandungan-kandungan yang dimaksud merupakan komponen untuk sel-sel jantung, sehingga membantu tubuh menjaga dari terjadinya penyakit jantung.


Ketiga, konsumsi gandum utuh sebagai sumber karbohidrat lalu serat. Gandum utuh atau biji-bijian yang dimaksud utuh adalah sumber serat yang sangat baik yang dimaksud berperan mengatur tekanan darah serta kondisi tubuh jantung. Pilihlah tepung gandum utuh, roti gandum utuh, oat, dan juga nasi cokelat sebagai menu makanan ketika sahur serta berbuka.

“Selanjutnya seseorang perlu menghindari lemak tiada sehat. Konsumsi lemak jenuh dan juga lemak trans harus dihindari atau dikurangi ketika berbuka kemudian sahur dikarenakan sangat penting untuk membantu menurunkan kadar lipid pada di tubuh,” terangnya lagi.

Tingginya kadar lipid bisa saja mengakibatkan plak di dalam pembuluh darah yang dimaksud disebut atherosclerosis. Hal ini bisa saja meningkatkan risiko Anda mengalami penyakit jantung seperti serangan jantung atau stroke. Lebih baik memilih sumber lemak dari alpukat, kacang-kacangan dan juga biji-bijan, minyak zaitun, atau minyak canola.

Terakhir pilih protein yang tersebut rendah lemak. Manfaat puasa untuk kemampuan fisik jantung sangat penting. Anda bisa jadi memilih sumber protein yang dimaksud rendah lemak. Contohnya daging tanpa lapisan kulit atau lemak, ikan, telur, kacang kedelai, tahu, tempe, kemudian susu skim atau rendah lemak.

“Dengan sumber protein yang digunakan rendah lemak ini, akan membantu tubuh seseorang menghurangi asupan lemak kemudian lipid yang dapat menyebabkan penyakit jantung,” pungkas Fatin Lailatul Badriyah.

Related Articles

Back to top button