Kesehatan

Ibu Hamil Boleh Berpuasa tapi Perhatikan Pola Makan Pengganti

Suarasekadau.co.id – SURABAYA – Ibu hamil lalu menyusui adalah satu dari enam golongan orang yang mana tak wajib berpuasa. Kendati demikian, rakyat Indonesia merasa tak nyaman jikalau tidaklah menjalankan puasa di dalam bulan Ramadan ini.

Dekan Fakultas Bidang kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) Prof Budi Santoso memberi tips puasa bagi ibu hamil.

“Orang hamil boleh puasa, dengan catatan pola makan serta minumnya diganti di malam hari hari,” ujar Budi Santoso.


Dia menjelaskan, keperluan makan tiga kali sehari di area luar puasa diganti pada di malam hari hari. Polanya ketika berbuka puasa, di malam hari sebelum tidur, juga waktu makan sahur.

“Itu pola gantinya,” katanya.

Pria yang digunakan akrab disapa Prof Bus itu menambahkan, bagi ibu hamil pada trimester pertama serta kedua harus diperhatikan kondisinya. Jangan dipaksa untuk berpuasa. Jika pada trimester pertama dan juga kedua ada keluhan mual dan juga muntah, jangan berpuasa sebab dapat dehidrasi.

“Sebaliknya, jikalau pada trimester yang dimaksud aman, maka silakan lanjutkan berpuasa,” urainya.

Sementara itu, mengutip laman Siloam Hospitals, puasa memberi faedah positif bagi ibu hamil apabila diadakan dengan benar. Puasa yang dijalankan oleh ibu hamil dapat memberikan berbagai faedah untuk kondisi tubuh tubuh seperti menurunkan risiko penyakit gula gestasional, menjaga berat badan ideal, memelihara kondisi tubuh jantung, hingga membantu proses detoksifikasi.

Tips Puasa bagi Ibu Hamil

1. Pastikan keperluan cairan tubuh masih tercukupi. Hal yang disebutkan dapat dilaksanakan dengan memperbanyak minum air putih serta mengonsumsi buah segar ketika sahur serta berbuka puasa.
2. Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang ketika sahur serta berbuka, yaitu 50% karbohidrat, 25% protein, 10–15% lemak sehat, dan juga vitamin juga mineral.
3. Perbanyak konsumsi makanan tinggi serat untuk menghindari terjadinya sembelit pada ibu hamil.
4.Hindari konsumsi kafein berlebih. Konsumsi kafein berlebih dapat memicu dehidrasi kemudian meningkatkan asam lambung yang berisiko memperburuk kondisi ibu hamil selama berpuasa.
5. Hindari konsumsi makanan atau minuman yang digunakan mengandung gula tinggi.
6. Batasi aktivitas fisik yang berat.
7. Segera batalkan puasa apabila mengalami morning sickness atau muncul gejala dehidrasi seperti pusing, lelah, hingga urine berwarna warna kekuningan pekat atau gelap.

Related Articles

Back to top button