Kesehatan

Cerita Aurelie Moeremans Alami Insomnia, Begini 5 Cara Mengatasinya

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Aurelie Moeremans berbagi pengalamannya susah tidur alias insomnia dalam Hari Tidur Sedunia yang tersebut jatuh pada hari ini, 15 Maret 2024.

Melalui postingan dalam Instagram, Aurelie mengaku telah empat hari sulit tidur. Akibat gangguan tidur tersebut, beliau hanya sekali dapat tidur satu jam setiap harinya.

“Selamat Hari Tidur Sedunia. Udah 4 hari nih nggak bisa jadi tidur. Bukan dikarenakan berisik. Emang lagi susah tidur aja. Tidur sih, tapi paling kaya satu jam,” tulis Aurelie, pada video yang digunakan diunggah di area akun Instagramnya, @aurelie, Jumat, (15/3/2024).

“Terus habis itu bangun, melek, terus abis itu seger sampai pagi, pagi baru bisa jadi tidur lagi satu jam. Yah gitu aja terus selama 4 hari,” tulis ia lagi.

Khawatir dengan kondisi yang digunakan dialaminya, Aurelie Moeremans kemudian bertanya terhadap followersnya tips agar bisa jadi tidur normal. Apalagi, sebelumnya ia justru terkenal ‘pelor’ alias gampang tidur.

“Kalian punya tips nggak buat aku? Biasanya aku pelor. Tapi sekarang aku kayak lupa gitu tindakan tidur,” tulis Aurelie Moeremans .

Dilansir laman Siloam Hospital, sulit tidur mampu menjadi salah satu gangguan yang mana memberikan dampak negatif pada kemampuan fisik fisik dan juga mental.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara agar cepat tidur yang tersebut tepat agar kondisi tubuh tetap saja terjaga dan juga terhindar dari insomnia.

Tips Mengatasi Insomnia

1. Mandi air hangat

Salah satu cara cepat tertidur adalah dengan mandi air hangat. Air hangat dapat memproduksi tubuh menjadi rileks.

2. Suasana tidur yang digunakan nyaman

Untuk mendatangkan rasa kantuk, cobalah ciptakan suasana kamar yang sunyi, gelap, serta sejuk. Untuk memblokir ucapan dari luar, gunakanlah earplug dan juga matikan smartphone sebagai cara agar tertidur cepat kemudian tercipta suasana sunyi.

3. Relaksasi otot progresif

Relaksasi otot progresif diadakan dengan menerapkan teknik pernapasan yang tersebut dikombinasikan dengan kontraksi dan juga pelemasan otot. Hal yang dimaksud bertujuan untuk menghilangkan stres di tempat di tubuh yang memicu seseorang sulit tertidur.

4. Lakukan teknik pernapasan

Di samping relaksasi tubuh, cara agar cepat tidur selanjutnya adalah melakukan teknik pernapasan dengan mengikuti langkah-langkah berikut untuk membantu diri tambahan cepat terlelap:
Tarik napas dalam-dalam melalui hidung selama 4 detik. Tahan napas selama 7 detik.
Keluarkan napas perlahan-lahan melalui mulut selama 8 detik. Ulangi langkah-langkah yang disebutkan sebanyak kurang lebih tinggi 4 kali.

5. Berolahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin mampu menimbulkan tidur lebih besar pulas. Tak harus dengan olahraga berat, mulailah dengan olahraga ringan yang digunakan bisa saja disesuaikan dengan jadwal kegiatan sehari-hari. Lalu, tingkatkan intensitas olahraga ketika telah terbiasa.

Related Articles

Back to top button