Otomotif

Cara Urus Balik Nama Mobil Bekas, Ternyata Tidak Ribet

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Cara mengurus balik nama mobil bekas penting untuk dipahami kemudian segera dijalankan agar legalitas kendaraan yang tersebut dibeli sah secara hukum. Balik nama kendaraan juga penting untuk menghindari pajak progresif.

Proses ini sederhananya bertujuan mengubah nama pemilik yang terdaftar pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) lalu Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Berikut cara mengurus balik nama mobil bekas dilansir dari berbagai sumber, Hari Sabtu (16/3/2024):

Langkah pertama yang tersebut perlu dilaksanakan untuk mengurus balik nama mobil bekas adalah menyiapkan berkas-berkas yang dimaksud dibutuhkan.

Yaitu, STNK Asli lalu Fotokopi; BPKB Asli kemudian Fotokopi; KTP Asli lalu Fotokopi Pembeli juga Penjual; Bukti Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Terakhir; Bukti Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ) Terakhir; Formulir Balik Nama (bisa didapatkan di area Samsat); Surat Kuasa (jika diwakilkan); lalu Kwitansi Pembelian jikalau ada.

Setelah berkas-berkas pada berhadapan dengan siap, langkah selanjutnya datang ke Kantor Samsat sesuai dengan domisili pemilik baru pada jam kerja. Bawa semua dokumen yang telah lama disiapkan serta ambil nomor antrean.

Selanjutnya, petugas Samsat akan melakukan pemeriksaan fisik kendaraan untuk menjamin kecocokan dengan data di dalam STNK serta BPKB. Oleh lantaran itu, jangan lupa menyebabkan kendaraan yang mana akan dibalik nama ke kantor Samsat.

Tahapan selanjutnya adalah mengisi formulir lalu membayar biaya balik nama. Isi formulir balik nama dengan lengkap lalu benar, jangan ada kesalahan nama juga data-data lain lalu
bayar biaya balik nama sesuai ketentuan. Biaya balik nama bervariasi tergantung jenis kendaraan serta wilayah.

Segera pasca formulir diisi kemudian biaya dilunasi, petugas Samsat akan memproses balik nama lalu mencetak STNK juga BPKB baru. Pastikan nama pemilik baru tertera dengan benar pada STNK dan juga BPKB.

Biaya Balik Nama Mobil Bekas

Dilansir dari laman resmi Daihatsu, biaya balik nama mobil bekas bervariasi angkanya tergantung merek serta tipe kendaraan. Sebagai bilangan bulat taksiran, berdasarkan Peraturan eksekutif Nomor 76 Tahun 2020 tentang jenis lalu tarif PNBP Polri, biaya balik nama mobil di proses mutasi, antara lain :

Biaya pendaftaran balik nama mobil sekitar Rp100.000.

Related Articles

Back to top button