Kesehatan

Benarkah Sikat Gigi Siang Hari Membatalkan Puasa? Begini Klarifikasi Buya Yahya

Suarasekadau.co.id – JAKARTA — Sikat gigi bisa saja menimbulkan mulut menjadi segar kemudian percaya diri, terlebih dalam bulan puasa ini. Tidak sedikit orang yang digunakan sikat gigi di dalam siang hari. Memang boleh?

Sikat gigi siang hari ketika puasa kerap menjadi perdebatan. Ada yang menyatakan tiada boleh lantaran memasukkan sesuatu ke pada mulut, namun ada yang mana berpendapat boleh-boleh cuma gosok gigi pada waktu puasa.

Terkait hal tersebut, Buya Yahya menjelaskan berdasarkan ilmu fiqih. Dijelaskan bahwa sikat gigi ini kembali pada fikih praktisnya ini.

“Yang membatalkan puasa adalah memasukkan sesuatu ke lubang mulut, maksudnya menelannya. Menelan itu yang tersebut batal,” kata Buya Yahya diambil dari YouTube Al-Bahjah TV, Kamis (13/3/2024).

“Selagi tidak ada menelan, maka bukan batal. Misalnya mau berkumur pada wudhu bahkan es krim dimasukkan ke pada mulut sekaligus tiada membatalkan wudhu. Asalkan jangan ditelan,” tutur Buya lagi.

Walau demikian, Buya Yahya mengingatkan apabila dua aktivitas yang dimaksud berbeda. Misalnya, wudhu masuk ke pada sunnah, sementara menjilat es krim kendati bukan ditelan itu makruh.

“Kita diperintahkan untuk berkumur disunnahkan untuk berkumur, lalu kaget ketelen. Enggak apa-apa. Enggak batal,” ucap Buya Yahya.

Sebaliknya, Buya Yahya menjelaskan, jikalau main-main dengan masukkan es krim ke pada mulut, lalu ketelan, maka puasa akan batal dan juga apabila tidak ada tertelan tiada batal. Namun hukumnya makruh, sesuatu yang digunakan tidaklah dianjurkan atau bukan disukai.

Untuk itu, Buya Yahya menjelaskan bahwa sikat gigi juga termasuk di golongan makruh sebanding seperti es krim.

Related Articles

Back to top button