Kesehatan

5 Makanan yang digunakan Harus Dihindari Pengidap Sakit Maag pada waktu Buka Puasa

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Menu berbuka puasa menjadi salah satu hal penting yang tersebut harus diperhatikan apabila Anda memiliki riwayat sakit maag. Beberapa makanan bisa saja memicu kambuhnya penyakit tersebut.

Terlebih jikalau Anda mengonsumsinya secara langsung setelahnya berbuka puasa pada keadaan perut yang tersebut kosong. Maag sendiri mampu menyebabkan rasa mual, perut kembung dan juga rasa tak nyaman pada perut.

Dokter sekaligus content creator kesehatan, dr. Kevin Mak, membagikan beberapa jenis makanan yang digunakan harus dihindari ketika berbuka puasa apabila Anda mempunyai penyakit maag. Ini adalah beliau daftarnya, seperti dilansir dari akun TikTok @drkevinmak, Kamis (14/3/2024).

1. Gorengan

Gorengan mengandung minyak yang mana tinggi. Hal ini dapat memicu rasa kembung lalu begah setelahnya mengonsumsinya. Apalagi apabila Anda mengonsumsi gorengan di jumlah agregat yang mana berbagai pasca membuka puasa, perut akan terasa tak nyaman.

2. Kopi

Berbuka puasa dengan minum kopi dapat memicu naiknya asam lambung. Kandungan kafein yang dimaksud ada di area kopi juga dapat memicu gangguan perut apabila Anda konsumsi di keadaan perut yang tersebut kosong. Kalau ingin minum kopi sebaiknya mengawaitu 1-2 jam setelahnya berbuka puasa serta tak di kondisi perut yang digunakan kosong.

3. Makanan Pedas

Para pecinta pedas sebaiknya menahan diri untuk makan makanan serbapedas sesaat pasca berbuka puasa. Makanan pedas seperti ayam geprek, seblak, serta berbagai makanan pedas lainnya sanggup menyebabkan sakit maag kambuh.

4. Minuman Manis

Takjil memang sebenarnya sangat identik dengan minuman yang digunakan manis lalu mengandung gula. Namun, hal ini tak disarankan untuk menjadi pilihan menu berbuka puasa. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi minuman manis mampu memicu gangguan pencernaan lalu tubuh jadi semakin dehidrasi.

5. Mi Instan

Berbuka puasa dengan mi instan sebaiknya dihindari. Sebab mi instan mengandung garam yang mana tinggi lalu tepung yang mana juga tinggi. Sehingga apabila perut Anda kosong serta secara langsung makan mi instan, maka perut akan terasa nyeri hingga melilit.

Related Articles

Back to top button