Otomotif

5 Cara Ampuh Merawat Stiker Mobil, Terbukti Lebih Awet

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Stiker mobil menjadi solusi praktis serta ekonomis bagi yang dimaksud bosan dengan warna cat mobil. Meski bisa jadi menjadi alternatif, pemakaiannya punya keterbatasan kemudian memerlukan perawatan khusus.

Berikut cara merawat stiker mobil agara awet dilansir dari berbagai sumber, Kamis (14/3/2024).

1. Jangan menyemprot dengan air bertekanan tinggi

Ujung-ujung stiker pada bagian lipatan-lipatan bodi mobil akan mengelupas ketika terkena semprotan air dengan tekanan tinggi. Apabila pengguna menghindari menyemprot air bertekanan tinggi, stiker ini dapat bertahan 2-3 tahun.

Untuk mobil-mobil yang dimaksud telah diberi stiker, khususnya di tempat seluruh bodi, sebaiknya hindari mencuci mobil dengan menggunakan air yang bertekanan tinggi. Apabila mencuci di area tempat-tempat umum, sebaiknya infokan untuk petugasnya untuk mencuci mobil menggunakan air yang dimaksud bertekanan sedang atau sekedar air yang dimaksud mengalir.

2 . Hindari paparan sinar matahari langsung

Stiker mobil mudah usang apabila terpapar sinar matahari dengan segera kemudian terlalu lama. Warna stiker lama-kelamaan akan memudar, kemudian menyebabkan mobilterlihat semakin buruk.Sebaiknya pilih tempat parkir yang digunakan teduh atau terdapat pelindung dari paparan sinar matahari agar stiker mobil tetap memperlihatkan awet.

3. Jangan banyak memoles mobil

Salah satu cara untuk menghasilkan cat mobil menjadi kembali bersinar dengan cara memolesnya. Akan tetapi apabila terlalu rutin memoles akan tidaklah baik untuk stiker mobil. Warnanya dapat memudar kemudian menyebabkan stiker akan mudah mengelupas dari bodi mobil apalagi untuk stiker yang dimaksud detail dan juga juga ukurannya kecil. Sementara untuk stiker glossy memang sebenarnya dapat untuk dipoles serta wax, akan tetapi apabila terlalu rutin dipoles akan tidaklah baik untuk stiker tersebut.

4. Rutin mencuci mobil

Lakukan pencucian mobil secara rutin untuk membersihkan stiker dari debu, kotoran, kemudian sisa-sisa kontaminan lainnya. Gunakan sabun mobil yang mana lembut, spons yang digunakan tak kasar, lalu bilas dengan air bersih. Hindari mencuci mobil dengan tekanan air tinggi atau mencuci menggunakan sikat kasar yang dimaksud dapat merusak stiker.

5. Gunakan lilin atau sealant mobil

Mengoleskan lilin atau sealant pada stiker mobil dapat memberikan pemeliharaan tambahan serta membantu menurunkan efek buruk sinar UV matahari.

Related Articles

Back to top button