Otomotif

Mitsubishi Fuso Belum Tertarik Hadirkan Bus Besar, Kenapa?

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Permintaan bus di tempat Indonesia semakin meningkat seiring perkembangan infrastruktur, seperti jalan tol yang mana menghubungkan berbagai wilayah. Ini adalah memproduksi bursa bus mengalami peningkatan signifikan sepanjang 2023.

Kendati begitu, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) belum tertarik bermain dalam segmen bus besar dengan berbagai alasan. Terlebih, pada waktu ini Mitsubishi Fuso menjadi pemimpin pangsa pada segmen mikro bus.

Aji Jaya, Sales & Marketing Director PT KTB menegaskan pihaknya akan fokus untuk mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pangsa dalam segmen mikro bus. Ini adalah akan menghasilkan pihaknya tetap saja menjaga kualitas produknya.

“Kalau di dalam kelas bus ini memang sebenarnya terdapat beberapa segmen. Ada yang mana bus besar juga mikro bus. Saat ini kami KTB masih fokus buat mengembangkan lalu mempertahankan mikro bus di tempat kelas LDT,” kata Aji Jaya di dalam Ibukota Timur, Kamis (14/3/2024).

“Lagi-lagi memang sebenarnya segmen LDT ini ada enam ban dan juga empat ban. Sampai ketika ini sanggup kami komunikasikan segmen mikro bus pada segmen enam ban kami masih jadi market leader. Sehingga kami masih fokus mempertahankan tempat ini seterusnya,” katanya.

Salah satu bidang usaha yang digunakan dijalankan KTB untuk mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pangsa mikro bus adalah meluncurkan Canter Bus dalam GIIAS 2023. Aji mengklaim respons pangsa untuk segmen yang disebutkan masih sangat baik.

Di sisi lain, pemasaran kendaraan niaga paling besar dalam Indonesia merupakan LDT (Low Duty Truck). Tercatat, hampir 50 persen dari berbagai model terjual, sehingga lingkungan ekonomi ini dianggap paling menjanjikan lalu ini yang tersebut memproduksi Fuso masih bermain di tempat segmen ini.

Namun, Aji Jaya mengungkapkan bahwa pihaknya juga terus mempelajari lingkungan ekonomi bus besar yang ketika ini sedang alami peningkatan. Tapi, ia memverifikasi bahwa pihaknya tidaklah akan bermain di area segmen bus besar pada waktu dekat.

“Untuk bus besar, memang sebenarnya kalau mengamati pasarnya terus tumbuh. Tentunya kami & prinsipal terus mempelajari tentang barang ini. Mitsubishi Fuso berazam memberikan pengembangan sesuai dengan perkembangan pangsa dan juga permintaannya,” ujarnya.

“Tapi kami masih fokus dalam mikrobus di dalam segmen LDT. Market bus besar itu tak lepas dari pengamatan prinsipal. Kami masih melakukan studi,” kata Aji.

Related Articles

Back to top button