Bisnis

Mau Tukar Uang Baru? BI Siapkan Rp197 Trilyun untuk Lebaran 2024

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mempersiapkan uang layak edar (ULE) sebesar Rp197,6 triliun untuk memenuhi keperluan penukaran uang rupiah pada momen Ramadan kemudian Idul Fitri 2024. Jumlah ULE yang disediakan ini meningkat 4,65% dibandingkan tahun 2023 yang mana sebesar Rp188,8 triliun.

“Antisipasi kenaikan jumlah agregat ULE yang dimaksud disiapkan mempertimbangkan peningkatan mobilitas publik selama periode Ramadan serta Idul Fitri lalu perkembangan sektor ekonomi yang dimaksud meningkat,” jelas Asisten Gubernur Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono pada keterangan resmi, Hari Jumat (15/3/2024).

Untuk menggalang layanan penukaran uang rupiah bagi masyarakat, BI bekerja sebanding dengan perbankan menyediakan titik-titik layanan penukaran dalam seluruh wilayah Indonesia. BI juga menghadirkan rakyat mengoptimalkan pembayaran proses nontunai guna memperkuat dunia usaha lalu keuangan digital.

Seluruh rangkaian kegiatan penukaran uang pada momen Ramadan lalu Idul Fitri dikemas di kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan juga Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024 yang dimaksud bertema “Bijak Gunakan Rupiah dalam Bulan Penuh Berkah” yang digunakan dirilis hari ini oleh Deputi Gubernur BI, Doni P Joewono dalam Jakarta.

Terhitung mulai 15 Maret sampai dengan 7 April 2024, penduduk dapat melakukan penukaran uang rupiah pada 4.264 titik layanan kantor bank umum yang digunakan tersebar di tempat seluruh Indonesia.

BI juga menyediakan opsi layanan penukaran uang rupiah melalui Layanan Kas Keliling dalam lokasi-lokasi strategis seperti bursa tradisional dan juga modern, juga Kas Keliling Susur Sungai pada beberapa wilayah.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, BI sama-sama perbankan akan menyediakan Layanan Penukaran Terpadu pada 28-31 Maret 2024 dalam Istora Senayan. Di daerah, hal sama akan diselenggarakan antara lain dalam stadion kemudian alun-alun kota.

Sementara itu, mulai tanggal 2-5 April 2024 BI menambah lokasi layanan penukaran di dalam jalur mudik melalui Inisiatif BI Peduli Mudik, yaitu dalam rest area jalan tol kemudian hub transportasi seperti pelabuhan lalu stasiun kereta.

Untuk layanan penukaran uang Rupiah baik melalui kas keliling (kecuali kas keliling Susur Sungai), layanan penukaran terpadu, lalu BI peduli mudik, warga diharapkan memesan penukaran terlebih dulu melalui Aplikasi komputer PINTAR (Penukaran kemudian Tarik Uang Rupiah).

Related Articles

Back to top button