Kesehatan

5 Cara Efektif Mengatasi Ngantuk di tempat Siang Hari pada waktu Puasa

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Mengatasi rasa ngantuk dalam siang hari pada waktu puasa dapat menjadi tantangan. Terutama ketika tubuh mengalami inovasi pola makan kemudian aktivitas selama bulan Ramadan sehingga mempengaruhi kegiatan sehari-hari.

Dokter spesialis kedokteran olahraga, dr. Caleb Leonardo Halim, Sp.K.O membagikan cara efektif mengatasi ngantuk pada waktu puasa . Hal pertama yang digunakan perlu dijalankan adalah mendapatkan tidur yang digunakan cukup pada di malam hari hari sebelumnya.

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko ngantuk selama berpuasa. Usahakan untuk tidur lebih tinggi awal juga bangun lebih besar awal agar Anda merasa lebih besar segar pada waktu sahur.

“Bagi teman-teman yang tersebut menjalankan ibadah puasa, salah satu permasalahan yang tersebut dialami adalah mengantuk. Ada beberapa tips yang mana teman-teman dapat lakukan,” kata dr. Caleb disitir dari akun Instagram pribadinya, @doc.calebspko, Hari Jumat (15/3/2024).

“Yang pertama adalah tidur yang dimaksud cukup. 7-9 jam pada di malam hari hari. Tidak ada yang sanggup menggantikan tidur yang tersebut cukup. Tidur yang mana cukup ini penting banget,” sambungnya.

Selanjutnya, pastikan tak melewatkan sahur agar tidak ada lemas kemudian mengantuk. Pilihlah makanan yang mana mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, juga vitamin serta mineral yang digunakan dibutuhkan tubuh selama sahur lalu berbuka puasa.

Hindari makanan berlemak tinggi lalu berat yang dimaksud dapat menciptakan Anda merasa lebih lanjut ngantuk setelahnya. “Yang kedua adalah ketika sahur pada pagi hari pastikan makan yang cukup. Nah, karbohidrat kompleks ini sangat penting,” jelasnya.

“Seperti misalnya jagung, kentang, oat. Jangan cuma yang digunakan karbohidrat simpel aja kemudian pastikan ada cukup protein,” lanjutnya.

Related Articles

Back to top button