Lifestyle

Riwayat Pendidikan Mangkunegara X, Didukung Maju Jadi Calon Wali Daerah Perkotaan Solo Gantikan Gibran

Suarasekadau.co.id – Kejayaan sementara paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran di pilpres 2024 ini pun memiliki kemungkinan besar akan segera diberitahukan sebagai Presiden lalu Wakil Presiden terpilih. Hal ini pun menghasilkan kepemimpinan Perkotaan Solo yang dimaksud sebelumnya dijabat oleh Gibran Rakabuming Raka harus segera digantikan oleh orang lain.

KGPAA Mangkunegara X atau akrab dikenal dengan nama Gusti Bhre Sudjiwo didorong untuk progresif Pemilihan Kepala Daerah Wali Pusat Kota Solo mendatang menggantikan sikap Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Perkotaan Solo.

Isu ini muncul ketika Gusti Bhre dan juga Gibran bertemu di acara makan bersatu di area Tempat Makan Pracima Tuin, Kompleks Pura Mangkunegaran Solo pada Kamis (29/02/2024). Namun, Gusti Bhre pun mengaku acara makan dengan yang disebutkan adalah acara silaturahmi antara Gibran da para relawannya.

Itu acara Mas Gibran dengan para relawan, sekalian saya sedang berada di tempat Mangkunegaran jadi saya juga menemui tamu-tamu. Kami banyak diskusi mengebai kebudayaan kemudian peran Mangkunegaran terhadap masyarakat. Saya mendapatkan banyak masukan bagus dari para relawan,” ungkap Gusti Bhre pada keterangannya pada Awal Minggu (4/3/2024) kemarin.

Saat ditanya perihal isu dirinya yang mana akan segera menggantikan Gibran, Gusti Bhre pun mengaku belum ada pembahasan masalah jabatan Walikota Solo tersebut.

Hingga pada waktu ini, belum ada pembicaraan terkait hal yang disebutkan (jadi Walikota Solo). Ya sebaiknya mengalir saja, kita lihat belaka ke depannya bagaimana,” lanjut Bhre.

Adapun Plt DPD PSI Solo, Sonny pada waktu ditemui, Mulai Pekan (4/2/2024) menyatakan dukungan penuhnya untuk Mangkunegara X apabila ia hendak forward mencalonkan diri sebagai Wali Pusat Kota Surakarta pengganti Gibran.

Kendati demikian, Gusti Bhre pun mempunyai kemungkinan untuk dapat mencalonkan diri sebagai Wali Pusat Kota Solo, mengingat ia pada waktu ini menjadi pemimpin Istana Mangkunegaran Solo sebagai pewaris takhta dengan nama Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya atau KGPAA Mangkunegara X sejak tahun 2022 lalu.

Lalu, seperti apa riwayat sekolah Gusti Bhre Sudjiwo ini? Simak inilah selengkapnya.

Riwayat Pendidikan Mangkunegara X

Gusti Bhre lahir di dalam DKI Jakarta pada tanggal 29 Maret 1997 dengan nama lahir Gusti Pangeran Haryo Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Meskipun lahir dalam Jakarta, sejak kecil Bhre telah dikenalkan dengan dunia Mangkunegaran. Ia kerap kali bolak-balik Solo-Jakarta untuk mengikuti acara adat di dalam Mangkunegaran.

Bhre Sudjiwo menghabiskan masa sekolahnya sejak SD hingga SMA pada Jakarta. Bhre lalu melanjutkan lembaga pendidikan tinggi di area Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) dan juga berhasil meraih penghargaan sarjana hukum pada tahun 2019 lalu.

Bhre ymerupakan pewaris takhta sang ayah, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX yang digunakan sebelumnya juga merupakan Raja Mangkunegaran. Sang ayah meninggal dunia akibat penyakit jantung yamg dideritanya pada Hari Jumat (13/08/2021) dini hari di dalam Jakarta.

Wafatnya sang ayah pun menjadi kesedihan yang mana mendalam bagi Bhre dan juga keluarga. Pasca mangkat atau wafatnya sang ayah, pihak Istana Mangkunegaran secara langsung memberikan arahan untuk mengangkat Gusti Bhre sebagai Raja Mangkunegaran X.

Melalui proses adat yang tersebut cukup panjang, Bhre akhirnya ditetapkan sebagai penerus tahta Kadipaten Mangkunegaran X pada tanggal 1 Maret 2022. Ia lalu dinobatkan sebagai Raja Mangkunegaran X pada tanggal 12 Maret 2022 atau bertepatan dengan penanggalan Jawa hari Hari Sabtu Pahing, 8 Ruwah 1955 Alip.

Kontributor : Dea Nabila

Related Articles

Back to top button