Bisnis

Bos OJK Tertawa Ditanya Masuk Radar Menkeu Prabowo

Suarasekadau.co.id – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar menanggapi tentang rumor dirinya masuk bursa calon menteri keuangan apabila Prabowo Subianto telah lama resmi disampaikan sebagai pemenang Pilpres 2024.

Mahendra Siregar awalnya tertawa ketika dikonfirmasi mengenai hal tersebut.

“Hahaha. Ahh, jangan sejumlah dengerin rumor-lah,” kata beliau di area St Regis, dikutipkan Selasa (5/3/2024).

Ketika ditanya lagi apakah akan siap apabila benar-benar terpilih menjadi menteri keuangan. Dirinya menanggapinya dengan senyum lagi kemudian santai.

“Tanggapan saya, nemenin Pak Dian. Nemenin Pak Agusman (Anggota DK OJK yang tersebut lain,” ujar Mahendra.

Prabowo Subianto disebut telah menyiapkan beberapa nama untuk diangkat menjadi Menteri Keuangan apabila telah diumumkam secara resmi menjadi pemenang Pemilihan Umum 2024.

Laporan itu diungkap oleh media asing jika Amerika Serikat (AS) Bloomberg yang tersebut disitir hari ini Rabu (28/2/2024).

Menurut laporan tersebut, Prabowo dikabarkan sedang mempertimbangkan banyak tokoh yang tersebut berlatar belakang bankir sebagai Menteri Keuangan.

Sejumlah nama pun disebutkan di laporan Bloomberg tersebut, diantaranya Menteri Aspek Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar hingga Direktur Utama Bank BNI Royke Tumilar.

Nama-nama itu disebut beberapa jumlah sumber dianggap cocok untuk peran Menteri Keuangan sebab keahlian finansial juga kemampuan mengatur secara efektif.

“Prabowo tak akan menjadikan Menteri Keuangan sebagai sikap tawar-menawar politik. Jabatan itu disebut dalam melawan politik, dibutuhkan orang yang tersebut teliti juga piawai di mengurus anggaran negara,” tulis laporan tersebut.

Alhasil jikalau isu ini benar, rumor Sri Mulyani yak tak bergabung disertakan pada gerbong kabinet Prabowo-Gibran betul adanya.

“Menteri Keuangan baru akan menggantikan Sri Mulyani Indrawati, satu-satunya perempuan yang dimaksud pernah ditunjuk untuk peran yang dimaksud sejak kemerdekaan Indonesia pada 1945,” tulis Bloomberg.

Dalam laporan itu juga disebutkan bahwa peran Menteri Keuangan akan miliki tanggung jawab besar yang tersebut dapat mengatur kondisi keuangan negara.

“Sehingga orang yang disebutkan harus mempertahankan disiplin fiskal, yang mana telah terjadi menjadi hal penting di menstabilkan rupiah serta meyakinkan penanam modal asing, sambil mengamankan pendanaan yang digunakan cukup untuk rencana pengeluaran besar Prabowo,” sambung mereka.

Kendati demikian, banyak sumber Bloomberg mengungkapkan line-up alias nama-nama calon Menteri Keuangan yang disebutkan dapat sekadar berubah sepenuhnya. Sebab, diskusi pembentukan kabinet masih berada di tahap awal.

Related Articles

Back to top button