Teknologi

Wajib Lihat! 5 Fenomena Langit Maret 2024, Ada Gerhana Periode Penumbra

Suarasekadau.co.id – Fenomena langit dapat terjadi berbeda-beda setiap bulannya. Pada Maret 2024, pengamat dalam Indonesia bisa saja meninjau aneka fenomena yang tersebut terjadi di dalam langit dengan mata telanjang.

Mulai dari konjungsi hingga Gerhana Bulan Penumbra, berikut ini lima fenomena langit pada Maret 2024:

1. Konjungsi Siklus kemudian Jupiter

Konjungsi Periode dan juga Jupiter Maret 2024. [In The Sky]
Konjungsi Siklus juga Jupiter Maret 2024. [In The Sky]

Bulan juga Jupiter akan mengalami kenaikan yang sejenis pada 14 Maret 2024, dengan Siklus melintas 3 derajat di dalam sebelah utara Jupiter.

Pada waktu yang dimaksud hampir bersamaan, kedua objek yang disebutkan juga akan melakukan pendekatan terdekat, yang tersebut secara teknis disebut appulse.

Dari Jakarta, pasangan ini akan terlihat sekitar pukul 18:18 Waktu Indonesia Barat dengan ketinggian 38 derajat dalam melawan ufuk barat laut. Keduanya kemudian akan tenggelam menuju cakrawala pada pukul 21:03 WIB.

Bulan akan berada pada mag -10.9, kemudian Jupiter pada mag -2.1, keduanya berada pada konstelasi Aries.

2. Pendekatan terdekat Siklus lalu M45

Pendekatan Periode serta M45. [In The Sky]
Pendekatan Bulan dan juga M45. [In The Sky]

Bulan juga M45 akan melakukan pendekatan jarak dekat pada 15 Maret 2024.

Dari Jakarta, pasangan ini akan terlihat sekitar pukul 18:36 Waktu Indonesia Barat dengan ketinggian 42 derajat di area melawan ufuk barat laut. Keduanya kemudian akan tenggelam pada pukul 21:57 WIB.

Bulan akan berada pada mag -11.4 dan juga M45 akan berada di area mag 1.3. Kedua objek yang disebutkan akan terletak pada konstelasi Taurus.

Biasa disebut Pleiades atau Seven Sisters, M45 dikenal sebagai gugus bintang terbuka. Ini adalah berisi lebih banyak dari seribu bintang yang terikat secara longgar oleh gravitasi, namun secara visual didominasi oleh segelintir anggotanya yang mana paling terang.

3. Ekuinoks Maret

Ekuinoks Maret 2024. [In The Sky]
Ekuinoks Maret 2024. [In The Sky]

Ekuinoks terjadi dua kali di setahun, di area mana pada 2024 kali ini terjadi pada 20 Maret mendatang.

Ekuinoks bulan Maret menandai hari pertama musim semi bagi siapa pun yang dimaksud tinggal di area belahan Bumi utara lalu hari pertama musim gugur bagi siapa pun yang dimaksud tinggal di area belahan Bumi selatan.

Pada hari ekuinoks, seluruh wilayah pada Bumi miliki waktu siang juga di malam hari yang tersebut hampir tepat 12 jam, sebab perjalanan tahunan Matahari.

Di mana pun pengamat tinggal dalam Bumi, pada hari ekuninoks, Matahari akan terbit dari titik dalam cakrawala yang terletak di dalam sebelah timur lalu terbenam dalam bawah titik yang tersebut terletak di dalam sebelah barat.

Ekuinoks terjadi akibat sumbu putaran Bumi miring dengan sudut 23,5 derajat terhadap bidang orbitnya mengelilingi Matahari.

4. Siklus purnama

Bulan Purnama Maret 2024. [In The Sky]
Bulan Purnama Maret 2024. [In The Sky]

Bulan purnama akan terjadi pada 25 Maret 2024. Saat ini terjadi, Periode akan mencapai fase penuh.

Bulan purnama pada Maret juga dikenal dengan sebutan Worm Moon atau Bulan Cacing di penamaan Farmers’ Almanac. Bukan tanpa alasan, ini sebab Maret menandai tanah yang dimaksud mulai menghangat kemudian tanda-tanda hidup pertama mulai kembali ketika cacing tanah, larva kumbang, lalu belatung muncul dari dormansi musim dingin.

Pada malam-malam setelahnya 25 Maret, Periode akan terbit sekitar satu jam lebih tinggi lambat setiap harinya kemudian menjadi menonjol dalam di malam hari hari.

Dalam beberapa hari, Bulan semata-mata akan terlihat di dalam langit mendekati fajar juga dini hari. Saat mencapai seperempat terakhir, seminggu pasca Siklus purnama, Bulan akan terbit di area berada dalam waktu malam serta terbenam sekitar berada dalam hari.

Pada pada waktu mencapai fase penuh, Siklus akan terletak pada deklinasi 1°01’S dalam konstelasi Virgo. Itu akan terletak pada jarak 405.000 km dari Bumi.

5. Gerhana Periode Penumbra

Gerhana Bulan Penumbra Maret 2024. [In The Sky]
Gerhana Siklus Penumbra Maret 2024. [In The Sky]

Gerhana Siklus Penumbra akan terjadi pada 25 Maret 2024. Siklus akan melintasi bayangan Bumi antara pukul 11:53 hingga 16:32 WIB. Sayangnya, mungkin saja yang dimaksud sanggup menyaksikan fenomena ini hanyalah rakyat Indonesia bagian timur.

Gerhana yang disebutkan akan terlihat di area lokasi mana pun dalam mana Siklus berada di dalam berhadapan dengan cakrawala pada pada waktu itu, termasuk di dalam Amerika, Antartika, Alaska, serta Rusia timur laut.

Dengan kata lain, Siklus tiada akan terlihat dari DKI Jakarta oleh sebab itu pada pada waktu itu Periode berada di area bawah cakrawala.

Gerhana Bulan Penumbra terjadi ketika sikap Bulan, Matahari, juga Bumi sejajar, lalu Siklus menyeberangi area terluar bayangan Bumi yang tersebut disebut penumbra.

Ini adalah bagian terluar dari bayangan Bumi, pada mana Bumi tampak menutupi sebagian piringan Matahri, sehingga akan memproduksi Bulan tampak kurang terang dari biasanya, namun tak sepenuhnya gelap.

Itulah beberapa fenomena langit yang digunakan mampu disaksikan pada Maret 2024.

Related Articles

Back to top button