Otomotif

Mudik Gratis Belum Tersedia untuk Penggunawan Motor Listrik

Suarasekadau.co.id – Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengadakan mudik motor gratis tak berlaku untuk motor listrik.

“Untuk ketika ini kami memang benar belum melayani (mudik motor gratis) untuk motor listrik,” ujar Direktur Lalu Lintas serta Angkutan Kereta Api Kemenhub Arif Anwar di dalam Jakarta, diambil Mingguan (3/3/2024)

Dikatakan Arif, sejauh ini belum ada standar operasional prosedur (SOP) untuk pengangkutan motor listrik.

Sehingga untuk pada waktu ini belum tersedia layanan mudik gratis untuk penumpang yang menggunakan motor listrik.

“Seperti yang mana disampaikan bahwa regulasinya belum jelas dari rekan rekan Ditjen Darat (Kemenhub). Kami pun juga belum mengetahui secara pasti SOP mengakibatkan motor listrik,” tuturnya.

Lebih lanjut, dijelaskan Arief, belum tersedianya mudik gratis untuk motor listrik lebih lanjut terkait risiko kesalahan pada pengangkutan.

“Khawatirnya salah pengangkutan serta sebagainya dikarenakan memang sebenarnya rawan,” ucap Arif.

Namun, Arif menekankan bahwa ke depannya, ketika pemakaian motor listrik semakin meningkat, Kemenhub akan mempertimbangkan untuk menyediakan layanan yang digunakan sesuai. 

Sebagai informasi, tahun ini Kemenhub memberikan layanan mudik motor gratis pada Lebaran 2024, namun bagi penumpang akan dikenakan tarif mulai Rp10.000 jikalau perjalanannya pada bawah 290 kilometer lalu Rp20.000 apabila melebihi jarak tersebut.

Kemenhub akan mulai membuka pendaftaran layanan ini sejak Awal Minggu 4 April dan juga akan melakukan pengangkutan kendaraan mudik motor gratis mulai tanggal 2-8 April, sedangkan untuk pengangkutan arus balik diadakan pada 13-19 April 2024.

Related Articles

Back to top button