Lifestyle

Kini Punya Harta sampai Rp78 M, Susi Pudjiastuti Pernah Putus Sekolah sampai Jual Bed Cover

Suarasekadau.co.id – Rencana pernikahan anak perempuan Susi Pudjiastuti, Nadine Kaiser, menyebabkan profil sang mantan Menteri Kelautan kemudian Perikanan turut menjadi sorotan publik.

Pasalnya Susi sendiri merupakan salah satu figur inspiratif di area Indonesia yang mana berhasil meraih kesuksesan kendati tak mengenyam institusi belajar tinggi. Diketahui Susi semata-mata mengenyam ijazah Paket C alias setara SMA, itu pun dikarenakan dipaksa oleh Anies Baswedan.

Diketahui Susi telah menyelesaikan pendidikannya pada SMP Negeri 1 Pangandaran lalu melanjutkan ke SMA Negeri 1 Yogyakarta. Namun Susi berhenti sekolah pada tahun keduanya dan juga pasca itulah mulai menjajal peruntungan sebagai pengusaha.

Potret Susi Pudjiastuti kemudian Nadine Pascale Kaiser atau yang lebih lanjut dikenal dengan nama Nadine Pascale (Instagram/susipudjiastuti115)
Potret Susi Pudjiastuti kemudian Nadine Pascale Kaiser atau yang dimaksud lebih tinggi dikenal dengan nama Nadine Pascale (Instagram/susipudjiastuti115)

Susi sendiri tampaknya tak pernah malu menceritakan perjuangannya hingga mampu menjadi entrepreneur besar seperti sekarang. Dalam sambutannya pada acara Wisuda Kelulusan Mahasiswa Universitas Sampoerna pada 18 Oktober 2018 silam, Susi mengaku telah mengerjakan apa semata sampai menjadi pengepul ikan.

“Sebelum menjadi menteri, banyak telah yang dimaksud saya lakukan. Dari jualan bed cover, hingga berjualan perhiasan saya sebagai modal menjadi pengepul ikan,” ungkap Susi, dikutipkan dari laman resmi KKP, Awal Minggu (4/3/2024).

Perjuangan ini dilakukannya pasca putus sekolah. Dari mengedarkan perhiasan itu pula Susi mendapatkan modal Rp750 ribu yang mana kemudian menjadi modal perniagaan pengepul ikan pada Pangandaran pada tahun 1983.

Bisnisnya terus berprogres sampai Susi bisa saja mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product pada tahun 1996. Bisnis ini memakai merek Susi Brand dengan produk-produk unggulan berbentuk lobster. 

Susi Pudjiastuti (Twitter/@Susipudjiastuti)
Susi Pudjiastuti (Twitter/@Susipudjiastuti)

Susi juga memberanikan diri untuk meminjam modal dari bank, hingga pada tahun 2004 dirinya mampu membeli pesawat jenis Cessna Caravan senilai Rp20 miliar.

“Satu-satunya pesawat yang saya miliki itu saya gunakan untuk mengangkut lobster dan juga ikan segar tangkapan nelayan di tempat berbagai pantai di area Indonesia ke lingkungan ekonomi Ibukota Indonesia kemudian Jepang,” beber Susi.

Pesawat itu pula yang tersebut menjadi cikal akan berdirinya Susi Air. Pesawat yang dimaksud juga menjadi yang tersebut pertama kali mampu mendarat untuk memberikan bantuan ketika Tsunami Aceh terjadi pada tahun 2004.

“Ya dari situ banyak orang tahu tentang Susi Air, banyak juga media yang tersebut meliput, hingga nama Susi Air sekarang diketahui berbagai orang,” ungkap Susi.

Kini kerja kerasnya telah dilakukan terbayar. Bukan cuma pernah menjadi menteri, Susi juga memiliki harta kekayaan hingga tambahan dari Rp78 miliar per tahun 2019.

Related Articles

Back to top button