Lifestyle

Adu Pendidikan Komeng vs La Nyalla: Bak Langit Bumi, Sang Komedian ‘Bantai’ Ketua DPD

Suarasekadau.co.id – Perolehan pernyataan sementara Komeng berada dalam urutan teratas pada pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari seluruh provinsi. Menurut hasil real count KPU pada Selasa (5/3/2024) pukul 05.01 WIB, Komeng yang tersebut mewakili dapil Jawa Barat berhasil meraih 3.231.111 pendapat atau 21,57 persen. Jumlah itu berasal dari 65,86 persen total pendapat yang mana masuk ke KPU.

Menariknya, perolehan pendapat Komeng itu mengungguli La Nyalla Mattalitti, Ketua DPD RI 2019 – 2024. La Nyalla yang digunakan nyaleg di dalam dapil Jawa Timur itu hanya saja mendapat perolehan pendapat 2.406.143 sehingga menduduki sikap keempat pada daftar anggota DPD yang tersebut raih pengumuman terbanyak.

Perolehan ucapan berada dalam disorot, simak adu sekolah Komeng vs La Nyalla berikut ini.

Riwayat Pendidikan Komeng

Komeng dalam acara wisuda International Islamic High School di area kawasan Pancoran, Jakarta, Kamis (15/6/2023). [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]
Komeng di tempat acara wisuda International Islamic High School di area kawasan Pancoran, Jakarta, Kamis (15/6/2023). [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]

Riwayat sekolah Komeng adalah pernah bersekolah dalam SMP Negeri 1 Cisarua yang sekarang menjadi SMP Negeri 1 Megamendung. Komeng mengaku pernah satu sekolah dengan politisi Fadli Zon. Setelah itu ia melanjutkan lembaga pendidikan pada SMA Taman Madya IV.

Pria pemilik nama asli Alfiansyah Bustami ini kemudian menempuh jenjang perguruan tinggi di tempat Akademi Bisnis Indonesia. Komeng cukup bergerak di dalam kampus, bahkan pernah menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat ABA-ABI pada 1990 silam.

Namun Komeng berhenti di dalam berada dalam jalan di perkuliahannya sebab kesibukan di dalam dunia entertainment. Dia pun harus berpindah kampus sebanyak tiga kali sebelum akhirnya menyelesaikan sekolah S1 di dalam STIE Tribuana, Bekasi, Jawa Barat pada tahun 2018 pada waktu usianya 48 tahun. 

Ciri khas Komeng adalah materi lelucon dengan kata-kata cempreng yang mana membuatnya mudah diterima di sektor komedi. Dia juga merambah ke dunia presenter dan juga radio sejak tahun 1993. Nama Komeng pun terus melambung ketika beliau bermain di dalam berbagai sitkom. 

Pasca lulus dari institusi belajar sarjananya, Komeng bermaksud untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI. Namun keinginan itu baru terwujud di dalam tahun 2023 pada waktu ia mencalonkan diri sebagai calon anggota DPD RI di pemilihan raya 2024.

Riwayat Pendidikan La Nyalla

La Nyalla Mattalitti. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).
La Nyalla Mattalitti. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

La Nyalla Mahmud Mattalitti adalah pelaku bisnis sekaligus politikus yang tersebut pada masa kini menduduki jabatan sebagai ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai perwakilan ketua umum PSSI tahun 2013 –  2015, juga ketua umum PSSI tahun 2015 – 2016.

La Nyalla menghabiskan sebagian besar hidupnya di area Surabaya, Jawa Timur. Dia mengenyam institusi belajar pada SD Bhineka Bhakti, kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 1 Surabaya lalu luus dari SMA Negeri 3 Surabaya pada tahun 1977. 

Setelah itu La Nyalla mengambil kuliah jurusan teknik sipil dalam Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jawa Timur. Setelah 6 tahun mengecap bangku kuliah, beliau pun menyandang gelar kejuaraan insinyur pada tahun 1984.

Usai meraih gelar kejuaraan sarjana, La Nyalla sempat kerja serabutan walaupun keluarganya dari kalangan berkecukupan. Dia kemudian mengikuti jejak kakeknya sebagai sosok entrepreneur yang mana berpengaruh di tempat Surabaya.

Dalam pemilihan raya 2024, La Nyalla kembali mengincar kursi DPD. Meski kalah kata-kata dari Komeng, berdasarkan hasil hitung nyata atau real count sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU), La Nyalla meraih kata-kata tertinggi pada pemilihan calon DPD di area Jawa Timur.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Related Articles

Back to top button