Bisnis

LKPP Wujudkan Pembangunan Desa yang dimaksud Luar Biasa Lewat Pengadaan Barang dan juga Jasa eksekutif

Suarasekadau.co.id – Mewujudkan kemandirian perekonomian bangsa tak hanya saja melalui pengadaan barang/jasa yang digunakan diadakan oleh pemeritah pusat, namun perlu kolaborasi dengan seluruh lapisan birokrasi, termasuk desa. Untuk itu, pada komitmennya mewujudkan penyelenggaraan desa yang digunakan hebat untuk membantu Indonesia emas di tempat tahun 2045, Lembaga Pengadaan Barang/Jasa eksekutif atau LKPP mengunjungi desa-desa untuk menggalakkan proses pengadaan yang mana cepat, tepat juga menciptakan manfaat.

Hal yang dimaksud terlihat ketika Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa otoritas atau LKPP mengadakan Sosialisasi Pengadaan Barang/Jasa di area Desa pada lingkungan Wilayah Kebumen, Jawa Tengah, Hari Jumat (1/3/2024). Berkolaborasi dengan pemerintah setempat, sosialisasi yang dimaksud dipadati oleh seluruh perangkat desa dari seluruh Wilayah Kebumen.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala LKPP, Hendrar Prihadi (Hendi) menghadirkan seluruh perangkat desa untuk dapat mengembangkan kemungkinan hasil lokalnya.

“Saat ini, LKPP ini sedang memacu seluruh pemerintah area untuk belanja barang di negeri kemudian hasil pelaku bidang usaha mikro, kecil juga koperasi teristimewa yang tersebut dihasilkan oleh pelaku usaha lokal,” ujarnya.

Menurutnya, sektor ekonomi harus dapat berputar dimana anggaran itu diberikan. Contohnya apabila Anggaran Belanja eksekutif Kota Kebumen, maka ekonomi juga harus berputar dalam Daerah Kebumen, termasuk pemanfaatan sumber daya lokal. Dengan menggerakkan para pelaku usaha di negeri untuk mengambil bagian terlibat di pengadaan barang/jasa pemerintah melalui katalog elektronik.

Hendi menambahkan, Katalog Elektronik juga menerapkan strategi interkoneksi antara wilayah di aktivitas PBJP. Ia mencontohkan, dengan Katalog Elektronik, maka desa yang mana mempunyai keunggulan di sentra bidang dapat membeli produk-produk makanan dari yang dimaksud desa lainnya, yang memiliki keunggulan di dalam sentra jajanan pasar.

“Silakan para perangkat wilayah memanfaatkan jaringan Katalog Elektronik ini dengan sebaik-baiknya, dorong pelaku usaha lokalnya untuk dapat memunculkan barang yang berkualitas juga dapat dikonsumsi oleh pemerintah. Katalog ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengupayakan transaksi jual beli para pelaku bidang usaha lokal,” pungkas Hendi.

Melalui kegiatan ini, LKPP berharap, nantinya proses pengadaan barang/jasa yang tersebut pendanaannya bersumber dari Dana Desa dapat mengikuti kebijakan lalu regulasi yang mana telah dilakukan disusun oleh LKPP.

Sementara itu, Pimpinan Daerah Kebumen, Arif Sugiyanto mengungkapkan,  sosialisasi PBJ pada Desa dapat memberikan wawasan pengelolaan pengadaan barang/jasa yang mana efektif, efisien, lalu tepat aturan bagi SDM PBJ Aparat Desa serta dapat memacu peningkatan pemakaian hasil lokal yang bersumber dari pelaku Usaha Mikro, Kecil, kemudian Koperasi pada lingkungan Daerah Kebumen.

“UMKK kita digunakan untuk kita, tolong komunikasikan dengan LKPP agar pengadaan barang/jasa di area Kota Kebumen, baik pemerintahan Daerah dan juga desa dapat menggunakan Katalog Elektronik Lokal, supaya anggaran pemerintah desa itu dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh penduduk serta menumbuhkan perekonomian desa, serta  mengempiskan beban manajerial Kepala Desa. Pengadaannya terbuka, sistemnya terbuka dan juga sudah ada dilaksanakan dengan baik maka tidaklah perlu lagi khawatir (muncul kesulitan di tempat kemudian hari),” kata Arif.

Related Articles

Back to top button