Nasional

Jokowi Sebut Harga Beras dalam 2 Pasar Induk Sudah Turun, Tapi Tak Semua Daerah Merasakannya

Suarasekadau.co.id – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan, nilai beras di area banyak pangsa induk sudah ada mengalami penurunan. Jokowi mengatakan nilai turun itu terjadi di tempat dua pangsa induk, yakni di area Cipinang kemudian pada Karawang.

“Ditanyakan saja. Tolong berbondong-bondong ke Pasar Induk Beras Cipinang juga juga ke pangsa beras di area Pasar Johar Karawang, dilihat di dalam lapangan sudah ada turun,” kata Jokowi di area Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, DKI Jakarta Timur, Hari Senin (4/3/2024).

Baca Juga:

Persaingan PDIP pada Dapil Neraka Jakarta: Suara Once Mekel Tackel Eriko hingga Masinton

Siti Atikoh Ungkap Omongan Ganjar tentang Urusan Ranjang yang tersebut Membuatnya Makin Cinta

Bukan Ridwan Kamil, Gus Miftah Sebut Sosok Hal ini Kandidat Terkuat Jadi Gubernur Jabar, Hal ini Alasannya

Meski begitu, nilai yang disebutkan tiada berlaku secara merata dalam seluruh wilayah. Sebab tarif di tempat dua pangsa induk yang dimaksud bukan merepresentasikan nilai beras di tempat wilayah lain.

“Tapi memang benar itu bukan merepresentasikan harga-harga dalam seluruh tanah air, di dalam beberapa provinsi,” kata Jokowi.

Jokowi menegaskan sekali lagi perihal naik-turunnya nilai beras agar dicek dengan segera ke lapangan, yakni ke pasar-pasar terkait, semisal Pasar Induk Cipinang.

Hal itu disampaikan Jokowi di tanya jawab di area konferensi pers sesaaat sebelum kepala negara lawatan ke Australia.

Jokowi menegaskan agar jangan lagi ditanyakan untuk dirinya menyoal nilai beras. Tetapi dengan segera dicek dalam pasar.

“Coba dicek semuanya. Dicek langsung, jangan ditanyakan ke saya. Meskipun saya tahu, setiap hari nilai itu naik turunnya saya tahu. Tapi tolong jangan terus ditanyakan ke saya, cek pada lapangan sendiri, berbondong-bondong ke sana, ya,” tutur Jokowi.

Sebelumnya terkait biaya beras, Jokowi mengaku dirinya mendapatkan laporan tiap hari mengenai nilai beras. Ia lantas menyarankan ada cek nilai segera di tempat lingkungan ekonomi pada waktu ditanya nilai beras yang dimaksud naik.

“Coba dicek. Jangan menginformasikan seperti itu ya,” kata Jokowi di dalam Mabes TNI, Cilangkap, Ibukota Indonesia Timur, Rabu (28/2/2024).

Ia menyarankan wartawan mengecek secara langsung biaya beras ke beberapa pasar.

“Coba dicek di dalam Pasar Induk Cipinang, dicek lagi ke Pasar Johar. Ini adalah yang pasar-pasar beras harus dicek,” kata Jokowi.

“Coba kalian ke Pasar Cipinang cek harganya turun atau naik, cek dalam Pasar Johar, Karawang turun apa tidak, naik apa tidak,” sambung Jokowi.

Jokowi mengaku dirinya mendapat laporan setiap hari mengenai nilai tukar beras.

“Karena harian itu saya cek lalu saya selalu dapat angka-angka,” ujarnya.

Related Articles

Back to top button