Bisnis

Aa Gym Protes Jam Operasional Minimarket, Begini Aturannya Versi otoritas

Suarasekadau.co.id – Dai kondang Aa Gym mendadak menjadi trending topik di area media sosial X. Hal ini tak lain gara-gara videonya ketika menegur muda-mudi yang mana sedang nongkrong hingga sedang di malam hari pada minimarket dekat pesantren Masjid Daarut Tauhid viral.

Dalam video yang dimaksud beredar, pendakwah bernama asli Yan Gymnastiar itu terlihat menegur para anak muda yang tersebut sedang nongkrong hingga larut waktu malam di area teras minimarket hingga menanyakan jam operasionalnya yang mana menyingkap 24 jam larut malam.

Lantas bagaimana aturan operasional sebuah minimarket versi pemerintah, bolehkah sampai larut di malam hari juga membuka 24 jam?

Berdasarkan aturan Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 23 Tahun 2021 terkait Pedoman Pengembangan, Penataan juga Pembinaan Pusat Perbelanjaan serta Toko Swalayan.

Aturan ini bertujuan untuk mengupayakan tukang jualan lokal dan juga menciptakan keseimbangan sektor ekonomi yang lebih besar adil.

Berikut beberapa poin penting dari Permendag tersebut:

Jam Operasional:

1. Minimarket dalam kawasan pemukiman dibatasi jam operasionalnya mulai pukul 07.00 Waktu Indonesia Barat sampai dengan 22.00 WIB.
2. Minimarket pada luar kawasan pemukiman, seperti di tempat area wisata, dapat beroperasi 24 jam.

Jarak Antar Minimarket:

1. Jarak minimal antar minimarket di dalam kawasan pemukiman adalah 1000 meter.
2. Aturan ini dikecualikan untuk minimarket yang digunakan berada dalam di area perkantoran, bandara, stasiun kereta api, terminal, lalu tempat wisata.

Pembatasan Produk:

Minimarket dilarang berjualan produk-produk tertentu, seperti minuman beralkohol, produk-produk tembakau, serta obat-obatan keras.

Sebelumnya Aa Gym mengaku tak nyaman pada waktu mengawasi kondisi dekat lingkungan masjid kemudian pesantrennya yang sekarang padat para muda-mudi nongkrong hingga larut waktu malam disebuah minimarket bernama Cirle K yang mana dekat dengan lingkungan pesantren miliknya di tempat Bandung.

“Saya merasa tak nyaman, tidaklah tenang mengawasi situasi seperti ini, kalau sampai larut di malam hari ini terganggu. Inilah Masjid Daarut Tauhid suasana jam 12 malam, hening. Sekarang ada minimarket yang sampai sedang malam, sejumlah orang di area sini,” ujar Aa Gym dikutipkan Akhir Pekan (3/3/2024).

“Adik-adik ini sudah ada berada dalam malam, ini kan pesantren, gimana campur laki-laki lalu perempuan, merokok di area kawasan pesantren gini kan nggak enak, atuh hargai pesantrennya,” imbuh Aa Gym sambil menegur para muda-mudi yang berada dalam minimarket.

Para anak muda yang digunakan berada dalam duduk santai di tempat teras minimarket pun tampak tak acuh dengan teguran Aa Gym. Ada yang digunakan malah cengengesan ketika mendapat teguran dari salah satu pendakwah kondang Tanah Air tersebut.

Related Articles

Back to top button