Lifestyle

Waspada Bahaya Terlalu Sering Menahan Kentut Bisa Bikin Bau Mulut

Suarasekadau.co.id – JAKARTA – Bahaya terlalu rutin menahan kentut perlu diwaspadai lantaran dapat menyebabkan bau mulut . Dr Karan Raj mengingatkan efek samping bagi kemampuan fisik apabila membiarkan gas tetap saja masuk.

Dilansir dari Express, Hari Sabtu (2/3/2024) menahan kentut dapat menyebabkan gelembung gas tetap memperlihatkan berada di area usus. Namun, Dr Raj menjelaskan bahwa konsekuensinya bisa saja tambahan rumit.

Pertama, tiada mengeluarkan gas mampu menyebabkan bau mulut. “Jika Anda tidak ada membuang sebagian gas tersebut, gas yang disebutkan dapat diserap melalui lapisan usus juga masuk ke aliran darah,” kata Dr Raj.

“Dari sana, ia masuk ke paru-paru, tempat kita menghembuskannya. Ya, Anda benar-benar mengeluarkan kentut yang tersebut dapat menyebabkan bau mulut,” sambungnya.

Di mana yang tersebut mengkhawatirkan, bau mulut bukanlah satu-satunya akibat menahan kentut. Dr Raj menjelaskan bahwa hal ini sanggup menjadi lebih besar buruk.

“Sfingter Anda (otot melingkar yang tersebut biasanya mempertahankan konstriksi) telah dilakukan melakukan pekerjaan yang tersebut gagah berani dengan menjaga pintu tetap saja tertutup, namun dengan tak mengurangi gas, Anda menangguhkan pintu,” jelasnya.

“Saat Anda menghentikan pintu, besar gas bertambah, tekanan pun naik. Pada akhirnya, tekanan gas yang dimaksud menumpuk akan melampaui tahanan sfingter Anda serta gas yang dimaksud pada akhirnya akan meninggalkan sebagai kentut yang tersebut bukan terkendali,” lanjutnya.

Oleh lantaran itu, jikalau ingin menghindari kentut yang digunakan memalukan, Dr Raj menyarankan untuk mencari tempat di dalam mana Anda bisa saja mengurangi gas tersebut. Permasalahan lain yang bisa saja terjadi apabila Anda terus-menerus menahan kentut adalah peningkatan tekanan di area rektum dan juga usus besar.

“Peningkatan tekanan di area rektum dan juga usus besar dapat menyebabkan kantong kecil atau balon, yang tersebut dikenal sebagai divertikula, terbentuk dalam lapisan usus, menyebabkan peradangan lalu nyeri kronis,” ujarnya.

Meskipun terdengar menakutkan, solusinya sangat sederhana. “Cari tempat untuk melegakan kentut Anda, apabila tidak, itu akan menjadi bumerang,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button